Ketua Kwarcab Pasbar Hadiri LT III Pramuka di Bumper Peridon Lubuk Manggis

Risnawanto hadiri LT III Pramuka di Bumper Peridon Lubuk Manggis
Ketua Kwarcab Pasbar, Risnawanto hadiri LT III Pramuka di Bumper Peridon Lubuk Manggis. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Kegiatan kepramukaan ini sudah terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Jadi bagi adik-adik generasi penerus bangsa yang hadir hari ini, raihlah tujuan dan manfaat dari kegiatan ini. Bukan hanya ajang berkumpul, bukan hanya membuat api unggun namun harus kalian ambil manfaat yang dapat kalian terapkan hingga dewasa kelak. 
Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) 0317 Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto sebagai pembina upacara saat menghadiri Lomba Tingkat III Kwarcab 0317 Pasbar tahun 2022 di Bumi Perkemahan (Bumper) Peridon Siap Maju Lubuk Manggis, Jorong Aek Nabirong, Kecamatan Koto Balingka, Senin (28/11/2022).
Ka Kwarcab 0317 Risnawanto menyebutkan, LT III yang dilakukan bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan yang didapatkan diluar jam sekolah. Selain itu, kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk menjalin kerjasama, menjalin persatuan dan kesatuan, ketangkasan, kemandirian, keterampilan yang merupakan kekayaan dari pengembangan ilmu pengetahuan. 
“Beberapa kegiatan lomba utama yang dilaksanakan seperti lomba memasak dan hasta karya, lomba MSQ, PBB, Pionering, dan lainnya memiliki tujuan untuk menambah ketangkasan, kedisiplinan, kemandirian, siap memimpin dan siap dipimpin. Kegiatan ini hanya ada di pramuka, tidak di organisasi lainnya. Adik-adik yang berada disini saat ini, percayalah kalian beruntung menjadi anggota pramuka,” ucapnya.
Ia menambahkan, sebagai penerus bangsa generasi muda Pasbar harus mempersiapkan diri sedini mungkin mengambil estafet kepemimpinan baik melalui LT III maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Selanjutnya, ia menjelaskan kegiatan yang dilakukan sebagai wadah dalam mempromosikan salah satu objek wisata Pasbar yakni Peridon Siap Maju yang diharapkan menjadi Bumper kegiatan tingkat provinsi maupun nasional.
Menanggapi hal itu, tokoh masyarakat Najjar Lubis menyatakan siap membantu acara kepramukaan terutama di Jorong Aek Nabirong dan wisata Peridon Siap Maju. Peridon siap dalam menghadapi acara pramuka tingkat nasional. Ia menginginkan Pramuka Pasbar, tidak kalah dengan prestasi pramuka kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat.
Selain itu, laporan panitia yang disampaikan Waka Binamuda Paiman menyebutkan LT III yang dilakukan mengusung tema “Penggalang yang Kreatif, Inovatif dan Berprestasi”. Pelaksanaan LT III berlangsung selama empat hari yakni mulai 27 hingga 30 November 2022. Kegiatan itu diikuti oleh 11 kwarran yang ada di lingkungan Kwarcab 0317 Pasbar.
“11 Kwarran tersebut dengan rincian jumlah peserta 176 peserta, pembina pendamping 22 orang, pimpinan rombongan 11 orang dengan total keseluruhan sebanyak 209 orang,” jelasnya.
Di akhir kegiatan, dilakukan penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka dan penyematan tanda peserta LT III oleh pembina upacara. Lencana Dharma Bakti disematkan kepada tokoh masyarakat Najjar Lubis, Lencana Karya Bakti Pramuka kepada Sekretaris Kwarcab 0317 Pasbar Srianto dan Waka Binamuda Kwarcab 0317 Pasbar Paiman.
(Dedi)