Puncak Sail Tidore 2022, Mendagri Serahkan ADM kepada Wali Kota Tidore Kepulauan

Muhammad Tito Karnavian serahkan ADM kepada Wali Kota Tidore Kepulauan
Mendagri Muhammad Tito Karnavian serahkan ADM kepada Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim. (f/kemendagri)
Tidore Kepulauan, Mjnews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim sebagai tuan rumah acara puncak Sail Tidore 2022. 
“Manfaat mesin ADM, sepanjang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen seperti KTP-el, KIA, KK dan lain-lain. Tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil,” urai Mendagri, Sabtu (26/11/2022). 
Mesin ADM, lanjut Mendagri, merupakan inovasi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Dinas Dukcapil. Inovasi ini untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. 
“ADM ini sebenarnya ukurannya besar seperti ATM di bank, tapi karena ini sebagai simbolis kami menyerahkan miniaturnya,” ungkap Mendagri sambil menyerahkannya kepada Wali Kota Ali Ibrahim. 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ketua Panitia Sail Tidore 2022 sekaligus mewakili Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan besar di darat. 
“Dan tidak mungkin kekayaan di laut tidak sama besar dengan kekayaan di darat,” ujar Luhut. 
Indonesia, menurutnya, merupakan negara yang indah. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia bangga dengan potensi tersebut. Dirinya mengajak semua pihak agar selalu menjaga persatuan, bahu-membahu bekerja, dan menjadikan perbedaan sebagai pemersatu bukan pemecah belah bangsa. 
Luhut juga menekankan bahwa pemerintah membuat kebijakan bukan hanya untuk kepentingan sekarang. “Tapi untuk kepentingan masa depan anak cucu kita, saya tidak mau mereka jadi korban dari policy kita saat ini,” tegasnya. 
Sementara itu, Wali Kota Tidore Ali Ibrahim mengingatkan kembali posisi daerahnya sebagai kota warisan dunia perekat bangsa-bangsa yang diangkat sebagai tema Sail Tidore 2022. 
“Tidore jadi titik penting dalam perdagangan internasional, Tidore hampir menguasai satu pertiga wilayah Indonesia,” ucapnya mengingatkan kejayaan Tidore di masa lalu. 
Selain itu, ia menitipkan pesan pada pemerintah agar usai Sail Tidore, bisa dilakukan pembangunan Bandara, jembatan penghubung Tidore-Ternate, pasar modern, monumen pembebasan Irian Barat, dan pembangunan museum bawah laut. 
Gelaran internasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, perwakilan negara sahabat, serta para pimpinan TNI tiga matra, baik darat, laut, dan udara. 
Acara ini dihadiri lebih dari 1.000 undangan dan masyarakat. Kegiatan ini ditutup dengan parade kapal nelayan tradisional, kapal perang, atraksi terjun payung angkatan laut dan udara, serta pesawat tempur dan penanaman pohon mangrove. Usai perayaan puncak acara, dilanjutkan dengan mengunjungi Sail Tidore Expo 2022. 
(Puspen Kemendagri)