Wako Padang Panjang Serahkan Bantuan 150 Juta untuk Pembelian Lahan Parkir Masjid Jihad

Bantuan Pembelian Lahan Parkir Masjid Jihad
Wako Padang Panjang, Fadly Amran Serahkan Bantuan 150 Juta untuk Pembelian Lahan Parkir Masjid Jihad. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyerahkan bantuan dana Rp. 150 juta sebagai tambahan pembelian lahan parkir yang berada di depan Masjid Raya Jihad, Kelurahan Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Minggu (27/11/2022), usai kegiatan Subuh Mubarakah.

Informasi yang berhasil dihimpun, luas tanah untuk parkiran ini 459 meter persegi, dengan nilai Rp. 1,7 miliar. Dari infak jemaah dan bantuan Pemko, terkumpul Rp. 1,2 miliar. Artinya masjid masih membutuhkan dana Rp500 juta lagi, melunasi tanah sebagai parkiran yang sangat dibutuhkan, seiring meningkatnya kunjungan jemaah ke masjid tersebut. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wako Fadly menyampaikan, awalnya Pemko berencana memberikan bantun dana Rp300 juta guna pembebasan lahan parkir. Namun kondisi keuangan saat ini, hanya bisa mendanai Rp150 juta. 

“Kami berharap ini bisa sedikit membantu dan semoga kekurangan dana pembebasan lahan parkir segera tercukupi dari kaum muslimin yang tergugah hatinya,” katanya.

Baca Juga  Bupati Andri Warman Hadiri Musda IPHI Agam

Ketua Pengurus Masjid Raya Jihad, Edi Erizon Sutan Nagari menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemko ini. 

“Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota terhadap pembangunan masjid. Semoga Pemko selalu dirahmati Allah SWT,” ujarnya.

Dirinya berharap, kaum muslimin yang ada di Kota Padang Panjang maupun di luar kota dapat terketuk hatinya menyalurkan infak kekurangan dana untuk lahan parkiran. 

Sebelumnya, saat memberikan sambutan pada kegiatan Subuh Mubarakah, Wako Fadly menyampaikan terkait Dana Insentif Daerah (DID) yang didapatkan Padang Panjang. Hal ini berkat kerja sama Pemko dan masyarakat terkait penanganan Covid-19, inflasi, dan penyerapan anggaran yang baik. Dana Rp8,9 miliar didapat dari Pemerintah Pusat. 

“Dana ini nantinya bakal dialokasikan untuk BLT BBM bagi KK yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), subsidi BBM untuk angkot, ojek, dan bantuan bibit tanam cabai untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) dan masyarakat yang berminat,” papar Fadly.

Baca Juga  UAS Ceramah Subuh di Musala Kawasan Banjir Terparah di Kota Padang

Kemudian, Pemko menyasar pekerja rentan mendapatkan jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Lewat BPJS Ketenagakerjaan ini, lanjut Fadly, pekerja rentan yang mengalami kecelakaan kerja mendapatkan jaminan sosial.

Adapun penceramah Buya Drs. H. Ristawardi Zarmias Datuak Marajo dalam penggalan ceramahnya mengajak jemaah yang hadir menyadari kehidupan di dunia hanyalah sementara. 

Dikatakannya, orang jeli dan cerdas akan menginfakkan harta yang mereka miliki di jalan Allah. Lantaran inilah yang membawa mereka ke syurganya Allah yang kekal abadi.

Turut hadir, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenang), Drs. H. Alizar, M.Ag, Sekdako Sonny Budaya Putra AP, M. Si, serta jajaran pejabat pemko.

(hrs/arb)