Bupati Tanah Datar Berikan Penghargaan kepada Pengusaha Taat Pajak

Bupati Tanah Datar Berikan Penghargaan kepada Pengusaha Taat Pajak
Bupati Tanah Datar, Eka Putra Berikan Penghargaan kepada Pengusaha Taat Pajak. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id – Bupati Tanah Datar Eka Putra buka kegiatan sosialisasi atau penyuluhan pajak daerah dalam rangka meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat atau wajib pajak dan sekaligus penyerahan piagam penghargaan kepada pengusaha taat pajak di Emersia Hotel, Selasa (13/12/2022).

Turut hadir mendampingi Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmi Harun, Kepala Badan Keuangan Daerah Darfizal, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar serta pengusaha wajib pajak. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Eka Putra sampaikan, pada APBD tahun 2022, target pendapatan daerah sebesar Rp. 1.187 miliar dengan kontribusi pendapatan asli daerah sebesar Rp 127 miliar atau 11 persen dari target pendapatan daerah. Sedangkan pendapatan daerah dari pajak hotel Rp. 1.050 miliar dan dari pajak restoran sebesar Rp. 1,9 miliar yang disetorkan ke kas daerah sebesar 10 persen dari yang dibayarkan konsumen. 

“Pembayaran pajak ini merupakan salah satu wujud peran serta pelaku usaha sebagai wajib pajak dalam melaksanakan pembangunan. Pembangunan di Kabupaten Tanah Datar dapat dilakukan dengan optimal jika setiap wajib pajak bijak dan sadar akan kewajibannya,” ungkap Bupati. 

Baca Juga  Wabup Promosikan Parwisata Tanah Datar melalui Komunitas IAC

Bupati juga tegaskan kepada Wali Nagari dan Camat untuk dapat membantu mensosialisasikan kewajiban perpajakan daerah kepada masyarakat di wilayah masing-masing. “Saya Bupati dan Organisai Perangkat Daerah berserta ASN siap menjadi marketing untuk mengarahkan ke lokasi penginapan dan unit usaha (rumah makan dan UMUKM) yang ada di Tanah Datar,” ucapnya. 

Di akhir sambuatan, Bupati sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pengusaha yang taat pajak. “Semoga kerja keras kita semua dalam upaya mewujudkan pendapatan daerah demi kemakmuran rakyat dinilai ibadah oleh allah subhanahu wata’ala,” pungkasnya. 

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah Darfizal, sampaikan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan pajak daerah dalam rangka meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat atau wajib pajak ini bertujuan untuk mengetahui peran penting pajak daerah dalam pembangunan Tanah Datar. 

Baca Juga  Masyarakat Taluak Minta Perbaikan Jembatan Tapian Kelambu

Darfizal tambahkan, pada sosialisasi ini juga menghadirkan langsung Bupati Tanah Datar sebagai narasumber, Kepala BKD, dan Kasat Pol PP. Pada kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada pengusaha wajib pajak yang telah memungut, menyetorkan pajak daerah dari konsumen yang menikmati makan minum dan pelayanan jasa penginapan ke kas daerah. 

Selain itu, piagam penghargaan juga diberikan kepada pelaku usaha taat pajak yakni kategori pajak hotel kepada Hotel Emersia Batusangkar dan Aia Angek Cottage kecamatan X Koto. Sementara untuk kategori pajak restoran diberikan kepada California Fried Chiken Batusangkar, Kopi Janji Jiwa Batusangkar, Syafir Restoran Emersia Hotel, Rumah Makan Aroma Batusangkar, Rumah Makan Gubuak Ancak Sungai Tarab, Rumah Makan Syukur Singgalang kecamatan X Koto dan Roti O Batusangkar.

(prokopim)