Lahan Tol Padang – Sicincin Telah Bebas 93,17 Persen

rapat koordinasi Tim Percepatan Pembangunan Jalan Tol Sumatera Barat di Padang, Kamis (8/12/2022).
Rapat koordinasi Tim Percepatan Pembangunan Jalan Tol Sumatera Barat di Padang, Kamis (8/12/2022). (f/kominfotik)
 

PADANG, Mjnews.id – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyebut 93,17 persen bidang tanah untuk pembangunan Tol Ruas Padang-Sicincin sudah dibebaskan. Dana untuk pembebasan lahan hingga seratus persen juga telah disiapkan.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat koordinasi Tim Percepatan Pembangunan Jalan Tol Sumatera Barat di Padang, Kamis (8/12/2022).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dana sudah tersedia dan seharusnya sudah tidak ada masalah lagi. Jadi harapannya bisa lebih dipercepat lagi pergerakan dari tim,” ujar Wagub.

Secara umum menurutnya hambatan-hambatan yang memperlambat proses pembebasan lahan sudah tidak lagi terlihat. Oleh karenanya Wagub memberikan apresiasi atas kinerja tim percepatan.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Pimpin Rapat Forkopimda Sumbar, Ini yang dibahas

“Tim ini sudah lebih solid. Bagaimana proses kita disini pihak luar tidak banyak yang tau, tapi tetap berikan hasil yang terbaik, dan percepat langkah-langkah kita,” ungkap Wakil Gubernur.

Diketahui dari total 1600 bidang penetapan lokasi 1 dan 2 ditambah fasilitas umum dan sosial, 1491 bidang dinyatakan bebas.

Sementara dari 109 bidang lainnya yang masih diproses, saat ini 20 bidang dalam tahapan verifikasi satgas, 4 bidang dalam penilaian, 54 bidang penilaian ulang, 2 bidang dalam proses musyawarah, dan 13 bidang menunggu kelengkapan berkas.

Adapun lokasi dari 109 bidang tersebut, 6 Bidang di Kecamatan Batang Anai, 2 bidang di Lubuk Alung, 3 bidang di Enam Lingkung, 13 bidang di Nagari Sicincin, dan 92 bidang di Nagari Kapalo Hilalang.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Jadi Pembicara di Talkshow 120 Tahun Bung Hatta

Meski demikian, berdasarkan indentifikasi dapat dikatakan proses pembebasan 109 bidang yang masih dalam proses itu tidak menghambat jalannya pekerjaan pembangunan jalan tol Seksi Padang-Sicincin tersebut.

(MC Prov Sumbar)