Kejari Dharmasraya Musnahkan Barang Bukti Tahun 2022

Pemusnahan barang bukti berbagai jenis kasus perkara tahun 2022 lalu di halaman Kejari Dharmasraya
Pemusnahan barang bukti berbagai jenis kasus perkara tahun 2022 lalu di halaman Kejari Dharmasraya disaksikan banyak pihak terkait, seperti pihak kepolisian, TNI, jajaran pemerintah kabupaten, Selasa (17/01/2023). (f/eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id – Barang bukti berbagai jenis kasus perkara pada tahun 2022 lalu, yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Dharmasraya pada Selasa (17/01/2023) di halaman Kejari Dharmasraya disaksikan banyak pihak terkait, seperti pihak kepolisian, TNI, jajaran pemerintah dari Kabupaten Dharmasraya.

Hal tersebut disampaikan Kejari Haris Hasbullah melalui Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (Kasi PB3R), David Manullang, saat jumpa pres setelah pelaksanaan pemusnahan Barang Bukti (BB).

David mengatakan, Pemusnahan BB tindak pidana umum ini yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau Inkracht van Gewijsde tahun 2022 yang amar putusannya dirampas untuk dimusnahkan.

Beberapa jenis pemusnahan BB di antaranya senpi rakitan 9 kasus. Narkotika 8 kasus terdiri dari narkotika jenis sabu-sabu kurang lebih 1 kilogram, Ganja 3 kasus serta pemusnahan rokok jenis Luffman sebanyak 542 kardus dan lainya. setelah dikeluarkannya Surat Perintah Kajari setempat, yang dimusnahkan dari 20 perkara tindak pidana umum.

Pemusnahan Barang Bukti ini, kita lakukan dengan tiga metode. Yakni, memotong, blender dan membakar.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Dorong GP Farmasi Kembangkan Obat dari Tumbuhan Endemik Sumatera

“Tujuan pemusnahan ini dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab Jaksa terhadap eksekusi BB yang telah berkekuatan hukum tetap sesuai peraturan perundang-undangan,yang berlaku dan bahwa pihaknya akan memusnahkan seluruh BB yang telah memiliki atau berkekuatan hukum tetap,” tegas Kasi PB3R Kejari Dharmasraya, David Manullang.

(eko)