Tiga Hari Dirawat Pasien Disuruh Pulang, Ini Kata Humas BPJS Kesehatan Padang

Rizal Hadi Saputra dan wartawan Berita global.id
Staf Humas BPJS Kesehatan Padang, Rizal Hadi Saputra dan wartawan Berita global.id. (f/ist)

Padang, MJNews.id – Menanggapi keluhan pasien peserta BPJS Kesehatan yang kecewa dengan pelayanan Rumah Sakit terhadap mereka, karena 3 hari dirawat mereka sudah disuruh pulang, padahal belum sembuh, staf Humas BPJS Kesehatan Padang, Rizal Hadi Saputra mengatakan, hal seperti itu tidak boleh terjadi.

Rizal ditemui kemarin siang mengatakan menanggapi isu demikian yang sempat menjadi pembicaraan anggota Komisi IX DPR-RI dalam rapat kerja Komisi, baru-baru ini. Menurut Abidin Fikri dari Fraksi PDIP, ada temuan yang demikian, pasien belum sembuh tapi sudah dipulangkan. Tindakan seperti itu, katanya tidak dibenarkan.

Pendapat serupa juga dikatakan oleh Irma Suryani Chaniago dari Fraksi Nasdem dan Kurniasih dari Fraksi PKS. Menurut mereka hal itu melanggar peraturan yang telah ditetapkan Departemen Kesehatan dan BPJS itu sendiri.

Rizal Hadi Saputra mengatakan, hanya ada tiga alasan yang bisa untuk memulangkan pasien peserta BPJS Kesehatan oleh Rumah Sakit dan tempat pelayanan kesehatan lainnya, pertama, pasien yang boleh dipulangkan 3 hari setelah dirawat itu pasien yang sudah sembuh. Jika pasien belum sembuh mereka harus tetap dirawat, setelah sembuh barulah boleh dipulangkan.

Baca Juga  Hebat!! Kanwil Kemenkumham Sumbar Raih Peringkat II IKPA Tertinggi TA 2021

Kedua, pasien yang sudah boleh dipulangkan itu, menurut dokter bisa mendapat perawatan rawat jalan. Artinya mereka boleh tetapi di bawah pengawasan dokter. Mereka wajib datang ke Rumah Sakit pada waktu yang telah ditentukan untuk kontrol kesehatan mereka. Sedangkan yang ketiga, mereka dipulangkan karena sudah meninggal.

Menjawab pertanyaan media, Rizal Hadi Saputra mengatakan kantor BPJS Kesehatan Padang melayani masyarakat Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

(Yan)