Besok, Hari Terakhir Tuntaskan Pendaftaran SNMPTN

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 4 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.467 251 27.798 652
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Besok, Hari Terakhir Tuntaskan Pendaftaran SNMPTN

Selasa, 23 Februari 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-02-22T23:00:03Z
Ilustrasi. Ujian Tes CPNS.

 

MJNews.id - Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Mohammad Nasih mengingatkan agar siswa untuk segera melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Sebab, masa pendaftaran akan berakhir, Rabu (24/2/2021) besok.


"Kami minta siswa segera melakukan pendaftaran dan melakukan finalisasi data mengingat batas akhir pendaftaran pada 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," kata Nasih, Senin (22/2).


Hingga Minggu (21/2) pukul 22.30 WIB, jumlah siswa yang login di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebanyak 599.170 orang dan siswa yang sudah memilih program studi sebanyak 482.043 orang. Siswa yang sudah mengunggah portofolio tercatat sebanyak 3.113 orang dan siswa yang sudah melakukan finalisasi data sebanyak 426.216 orang.


Proses pendaftaran SNMPTN dinyatakan tuntas apabila siswa sudah melakukan finalisasi data dan mencetak kartu peserta. Setelah melakukan finalisasi dan mencetak kartu peserta SNMPTN, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.


Siswa bisa mendaftar untuk mengikuti SNMPTN 2021 kalau dinilai layak, memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen sebelum tanggal 23 Februari 2021 pukul 15.00 WIB, serta memiliki data nilai lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).


Seperti diketahui, LTMPT menyatakan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dimulai sejak 15 Februari lalu. 


“Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id,” ujar Mohammad Nasih, seperti diwartakan Republika.co.id.


Tahapan pendaftaran SNMPTN yakni siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi. Selanjutnya, siswa mengisi 'Kelengkapan Data Orang Tua' pada halaman profil.


Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan. Siswa mengisi portofolio pada halaman portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisi.


Siswa kemudian mengisi prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib.


Kemudian, siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.


Pemilihan prodi disarankan tidak lintas minat. Siswa juda disarankan tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran.

Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman- snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.


Sebelum mendaftar siswa diharapkan membaca terlebih dahulu panduan pendaftaran SNMPTN 2021 (dapat diunduh di web LTMPT) dengan seksama. Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.


(***)

×
Berita Terbaru Update