Meski Pandemi di 2020, Penerimaan Pajak Kanwil DJP Sumbarja Capai 91,49 Persen

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 6 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.646 247 27.982 654
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Meski Pandemi di 2020, Penerimaan Pajak Kanwil DJP Sumbarja Capai 91,49 Persen

Jumat, 19 Februari 2021 | 04:20 WIB Last Updated 2021-02-19T18:39:23Z
Kakanwil foto bersama dengan sejumlah jajaran di sela kegiatan rakor yang dilaksanakan di KPP Pratama Bukittinggi sejak 17 Februari 2021 hingga 19 Februari 2021. (ist)

MJNews.id - Penerimaan pajak tahun 2020 di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Barat dan Jambi (Sumbarja) meski berada di tengah pandemi mampu mencapai penerimaan pajak yang lebih tinggi, yakni 91,49 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata penerimaan pajak nasional (89,33 persen).


Kepala Kanwil DJP Sumbarja, Lindawaty dalam rapat koordinasi dengan seluruh unit kerja di bawahnya yang berlangsung pada 17-19 Februari 2021 di KPP Pratama Bukittinggi mengatakan, kinerja penerimaan pajak tersebut sangat membanggakan. Apalagi, juga berhasil merealisasikan target penerimaan SPT Tahunan sebesar 101,22 persen.


Untuk itu, dia mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk tetap menjaga dan meningkatkan integritas serta mengoptimalkan kewenangannya dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga dapat menghasilkan realisasi penerimaan pajak yang optimal.


Lindawaty meminta agar jargon Kanwil DJP Sumbarja “Sinergi Kuat Sumbarja Hebat” benar-benar diterapkan. “Setiap pegawai agar menyelaraskan perannya masing-masing dengan tujuan akhir organisasi. Setiap atasan diminta mengetahui profile setiap bawahan langsungnya (Knowing your employee) dan memberikan bimbingan untuk peningkatan kemampuan bawahannya. Begitu juga dengan kepala unit kerja, kami mampu menggerakkan pegawainya,” pesannya seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (19/2/2021).


Untuk mencapai tujuan akhir unit kerja lanjutnya, kolaborasi antar pegawai, fungsi dan unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Sumbarja harus benar-benar diimplementasikan oleh seluruh pegawai dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya. Apalagi, target Penerimaan Pajak Tahun 2021 adalah sebesar Rp9,7 triliun atau naik 17,78% dibandingkan dengan realisasi penerimaan pajak tahun 2020 sebesar Rp8,2 triliun.


Strategi yang dijalankan untuk mencapai target tersebut berupa strategi optimalisasi penerimaan pajak serta peningkatan kepatuhan pajak. “Tahun 2021 yang masih dibayangi pandemi Covid-19 menyebabkan pertumbuhan ekonomi belum menggembirakan menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama-sama,” tegas Lindawaty.


Dari itu, dia meminta agar seluruh pegawai Kanwil DJP Sumbarja mencurahkan segala kemampuannya saat ini untuk kepentingan negara dan jangan berfikir untuk memperkaya diri dari pekerjaan ini. “Tumpahkan seluruh daya upaya untuk meningkatkan kinerja, demi negara,” tegasnya lagi.


Sesudahnya, Kanwil DJP Sumbarja melakukan penyerahan pembagian target penerimaan pajak tahun 2021 sebesar Rp9,7 triliun kepada Kantor-Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Sumatra Barat dan Jambi. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen pencapaian target penerimaan pajak serta Pakta Integritas yang dilakukan oleh Kepala Kanwil DJP Sumbarja serta seluruh pejabat administrator di bawahnya.


Lindawaty optimis target penerimaan Pajak Tahun 2021 dapat tercapai melalui upaya dan kerjasama yang optimal seluruh pegawai di Kanwil DJP Sumbarja. Lindawaty berpesan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja optimal, “jangan khawatir tidak dilihat manusia, karena ada Yang Maha Melihat”.


Rakor sendiri dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkuat integritas, menyamakan persepsi, dan meningkatkan sinergi dalam menyusun dan menyepakati strategi pengamanan target kinerja, penerimaan, dan kepatuhan pajak tahun 2021. Kegiatan yang dilakukan dengan protokol kesehatan covid-19 ini dihadiri para Kepala Kantor Pelayanan Pajak, satu orang perwakilan kepala seksi dan satu orang Supervisor Pemeriksa Pajak secara langsung serta diikuti seluruh pegawai secara daring.


Rapat koordinasi diisi dengan evaluasi atas capaian kinerja unit kerja Kanwil DJP Sumbarja Tahun 2020 dan penyampaian strategi untuk pencapaian kinerja tahun 2021.


(rls)

×
Berita Terbaru Update