Soal Tugu Linggar Jati di Padang Dibangun Kembali, Ini Penjelasan BPJN Sumbar

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Data Covid-19 Sumatera Barat Berita Selengkapnya >

Update 1 Maret 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
29.204 229 27.500 647
sumber: corona.sumbarprov.go.id

loading...

Soal Tugu Linggar Jati di Padang Dibangun Kembali, Ini Penjelasan BPJN Sumbar

Selasa, 02 Februari 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-02-01T21:00:06Z
Monumen Tugu Batas Linggar Jati di Kawasan Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. (ist)

MJNews.id - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat (Sumbar) menyelesaikan pembangunan Jembatan Tabing, Padang, Desember 2020 lalu. Dari data BPJN, jembatan di Jalan Hamka dengan lebar mencapai 9 meter dengan rincian lebar jalur kendaraan 7 meter serta trotoar 2 meter itu, termasuk dalam paket pekerjaan Jembatan Air Titi Cs, dengan nilai kontrak Rp31,5 miliar.


Namun sayang, pembangunan jembatan itu menghilangkan nilai sejarah bangsa Indonesia. Di sana dulunya terdapat tugu Linggar Jati. Tugu tersebut menjadi saksi perjuangan sejarah bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Karena itulah salah satu ruas jalan di dekat tugu itu diberi nama Linggar Jati.


Menyikapi itu, Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumatera Barat (Sumbar), Reni Marlisa mengatakan, tugu tersebut akan kembali dibangun. Untuk itu pihaknya akan mempersiapkan pembangunan tugu yang lebih bagus.


“Tugu itu, saat pengerjaan Jembatan Tabing, tergantung akibatnya membahayakan pekerja. Untuk itu kami bongkar, nanti kami bangun lagi,” sebutnya.


Untuk membongkar tugu itu, katanya, juga sudah mendapatkan izin dari pihak-pihak yang terkait. Dengan alasan itu akhirnya tugu itu dibongkar untuk sementara.


Dikatakannya, dari awal pihaknya akan membangun tugu itu dengan desain yang lebih bagus dan mempercantik jembatan yang baru dibangun tersebut. Dengan itu, maka tampilannya akan menjadi lebih bagus.


Meski memiliki rencana seperti itu, beralasan perkembangan di Kota Padang, pihaknya akhirnya memutuskan untuk membangun tugu itu secepatnya kembali. Tanpa harus mempercantik atau membangun lebih bagus lagi.


“Melihat perkembangannya, sepertinya kita akan bangun seperti yang lama saja. Saya koordinasi dulu dengan tim perencana. Dalam bulan ini akan kita bangun lagi,” pungkasnya.


Sebelumnya, Kementerian PUPR membangun Jembatan Tabing untuk peningkatan. Pembangunan itu satu paket dengan pengerjaan jembatan di Baso, Agam dan Jembatan Titian Panjang Kayu Tanam, Padang Pariaman.


(yse/eds)

×
Berita Terbaru Update