Aprindo Buka Peluang Magang bagi Mahasiswa Unand

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Aprindo Buka Peluang Magang bagi Mahasiswa Unand

Minggu, 28 Maret 2021 | 15:03 WIB Last Updated 2021-03-28T19:37:34Z
Rektor Unand dan Ketua DPP Aprindo menandatangani MoU dan perjanjian kerja sama, Jumat 26 Maret 2021, di Convention Hall kampus tersebut. (ist)

MJNews.id - Universitas Andalas (Unand) menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo). Kerja sama ini nantinya akan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk magang bersertifikat di perusahaan retail.


"Ini pertama kali Unand bekerjasama dengan Aprindo. Kami berharap kerjasama ini mampu membangun kolaborasi yang baik antara kedua belah pihak," kata Rektor Unand, Prof. Yuliandri usai penandatangan kerjasama tersebut, Jumat 26 Maret 2021, di Convention Hall Unand.


Rektor mengatakan, dalam rangka mengimplementasikan berbagai program peningkatan, khususnya kepada mahasiswa yang berkaitan dengan pembelajaran, memang butuh adanya sinergi dengan berbagai dunia usaha dan industri (dudi).


Hal ini pun, katanya, sejalan dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di mana mahasiswa diberikan hak untuk mengambil beban studi sebanyak 20 SKS di luar kampus.


“Ini juga suatu langkah yang dilakukan oleh semua perguruan tinggi termasuk Unand dan masuk ke dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus dicapai oleh setiap rektor,” ujar Yuliandri.


Dengan kesediaan Aprindo berkolaborasi dengan Unand, rektor berharap ini memperluas peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan tempat magang, selain itu, hal ini juga bisa menjadi upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Ditambahkannya, selain memiliki kompetensi, lulusan diharapkan mampu membuka lapangan usaha sendiri. Maka dari itu, sebelum mahasiswa tamat, ada pembelajaran-pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa selain pembelajaran di dalam kelas.


"Tantangan kedepan tentu berbeda. Sambil jalan, selain menyiapkan instrumen, SDM, dan dosen, kami juga mengupayakan mahasiswa memiliki keahlian yang bisa menjadi modal saat lulus nanti," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Umum DPP Aprindo, Roy N. Mandey yang hadir pada kesempatan itu mengaku kalau Unand menjadi perguruan tinggi pertama yang menjalin kerjasama dengan Aprindo.


"Program kolaborasi ini dapat terus dikembangkan terutama untuk program magang, dan tidak menutup kemungkinan untuk kerjasama lainnya di masa akan datang. Seperti bidang penelitian dan pengabdian masyarakat," katanya.


Dengan adanya kerja sama ini, kata Roy, mahasiswa memiliki peluang untuk magang di perusahaan retail, ataupun gerai dan toko yang berada di bawah naungan Aprindo. Dia pun menyebut, cabang Aprindo pun telah ada di setiap wilayah di Indonesia. Jadi peluang pun terbuka lebar bagi mahasiswa yang ingin magang di perusahaan retail.


"Sesuai dengan bidang usaha yang kita lakoni, maka diutamakan mahasiswa jurusan akutansi dan manajemen. Namun tidak menutup kemungkinan juga jurusan lain bisa magang di perusahaan retail," katanya.


Roy juga mengatakan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Aprindo Sumbar bersama Unand yang akan menyusun informasi detail terkait magang bersertifikat ini.


Selain penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama, kegiatan juga diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) terkait peran strategis Aprindo dalam magang bersertifikat MBKM.


(***)


loading...



×
Berita Terbaru Update