Bupati Asahan Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 22 April 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
35.202 433 32.188 762
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Bupati Asahan Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan

Jumat, 26 Maret 2021 | 13:25 WIB Last Updated 2021-03-27T12:52:00Z
Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan.

MJNews.id - Bertempat di Kantor Camat Pulau Rakyat, Bupati Asahan H. Surya, BSc melaunching Administrasi Kependudukan (Adminduk) didampingi Ketua TP PKK Kab. Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE, OPD terkait, Camat Pulau Rakyat Aspihan Daulay, SH, MM,  Camat Bd.Pulau, Camat Aek Ledong, Camat Rahuning, Camat Aek Songsongan dan Camat Aek Kuasan dan undangan, Jumat 26 Maret 2021.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan, Drs. H. Supriyanto, MPd dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan  disamping itu juga dimaksudkan untuk  mempermudah Masyarakat dalam mengurus Administrasi Kependudukan dengan mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter.

Supriyanto juga mengatakan Launching Adminduk pada hari ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Dokumen Administrasi Kependudukan sesuai dengan Implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu.

“Jenis layanan Adminduk yang di Launching pada hari ini adalah Pengurusan KK, Akte Kelahiran, Perekaman KTP-el, Pencetakan KTP-el” ucap Supriyanto.

Pada kesempatan ini juga diserahkan 4719 Kartu Identitas Anak yang dilakukan secara simbolis olek Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj Titiek Sugiharti Surya dan Wakil Ketua TP. PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik.

“Dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk. Hal ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya” Ucap Bupati.

Lebih Lanjut H. Surya juga mengatakan bahwa Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan akta catatan sipil serta Kartu Identitas Anak sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial. Karena merupakan  awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya. Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan misalnya, tanpa adanya dua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan Administrasi lainnya.

“Dengan Launching Pelayanan Adminduk pada hari ini maka Pelayanan Administrasi Kependudukan yang selama ini terpusat di Ibu Kota Kabupaten terutama Pencetakan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Pencetakan KTP-el sudah dapat di Lakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat yang melayani enam kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong” tegas Bupati.

"Untuk itu saya menghimbau kepada Masyarakat khususnya yang berada di 6 Kecamatan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus Administrasi Kependudukan secara langsung. Saya pastikan ini semua gratis," ucap Bupati.

Dengan Launching Adminduk ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya Dokumen Kependudukan, pentingnya Manfaat data kependudukan sesuai dengan Tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat.

Bupati juga memerintahkan Kepada Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya Adminduk, Khusus kepada  Kadisdukcapil dan jajarannya supaya dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal dalam pemenuhan Administrasi Kependudukan.

Pelayanan Adminduk  yang dilaunching pada hari ini nantinya juga secara bertahap akan dikembangkan di Kecamatan lainnya sehingga pelayanan yang dilakukan Pemerintah  Kabupaten Asahan benar benar dapat menyentuh harapan Masyarakat. 

Di akhir Acara Bupati meninjau Pelayanan Administrasi Kependudukan yang baru saja dilaunching, sekaligus juga memantau proses pencetakan Adminduk yang langsung diserahkan beliau kepada masyarakat yang mengurus Adminduk.

(Ansori)

loading...



×
Berita Terbaru Update