Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 12 Mei 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.017 502 36.244 878
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Normalisasi Pengendalian Banjir Batang Lunto Dilaksanakan 2022

Rabu, 14 April 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-04-14T08:00:00Z
Moderator pengendalian banjir dan normalisasi Batang Lunto Kabid PSDA, Wawan Setiawan sedang melakukan diskusi serius di Hall Balaikota Sawahlunto, Senin 12 April 2021. (ist)

MJNews.id - Normalisasi Batang Lunto yang membelah Kota Sawahlunto direncanakan untuk dikerjakan secara fisik pada 2022 mendatang.


Hal ini terungkap saat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, melakukan pertemuan konsultasi masyarakat (PKM) SI dan DD pengendalian banjir Batang Lunto Kota Sawahlunto dengan pihak konsultan teknik PT Bina Buana Raya yang bermarkas di Bandar Lampung di Hall Balaikota Lubang Panjang, Senin 12 April 2021.


Pertemuan itu dihadiri Ketua KAN Kubang, camat, kades, lurah OPD terkait lainnya.


Sekdako Ambun Kadri menyambut baik, namun ia meminta proyek ini benar-benar diawali dengan perencanaan yang matang.


"Sebab dengan perencanaan yang bagus insyaallah hasilnya akan bagus pula," katanya.


Sawahlunto dengan topografi berbukit-bukit sangat rentan dengan bahaya banjir, kendati ini belum terjadi di Sawahlunto setidaknya telah melakukan antisipasi lebih awal.


Sementara itu Ketua Komunitas Peduli Sungai Edrizon yang juga ketua KAN Kubang minta pada konsultan perencana agar membenahi hulu sungai sehingga proyek yang akan dibangun tersebut tidak sia-sia.


Selanjutnya Gino dari Dinas Permuseuman dan Kebudayaan minta agar pihak konsultan benar memperhatikan bangunan Cagar Budaya, sebab Sawahlunto telah dinobatkan sebagai kota warisan budaya dunia Unesco. Selayaknya perlu dilakukan pertemuan dengan perwakilan Unesco di Jakarta.


Begitupun dampak sosial lainnya seperti pemindahan pedagang pasar Gonjong di bibir Batang Lunto perlu juga dipikirkan dampak sosialnya.


Dari berbagai pertanyaan tersebut yang dimoderatori Kabid PSDA PUPR Sawahlunto Wawan Setiawan, pihak konsultan menyambut baik usulan positif tersebut sehingga bisa menyempurnakan kegiatan ini.


Diharapkan pengendalian banjir Batang Lunto ini kedepan dapat menjadi Destinasi objek wisata baru terlebih letaknya sangat stategis di pusat kota lama.


(sub/rfd)


loading...



×
Berita Terbaru Update