Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 14 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
47.885 622 43.496 1.089
sumber: corona.sumbarprov.go.id


Anggota DPD RI Emma Yohanna Dampingi Menteri KP Kunjungan Kerja ke Sumbar

Kamis, 03 Juni 2021 | 02:35 WIB Last Updated 2021-06-03T00:27:55Z
Anggota Komite II DPD RI, Emma Yohanna mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono melakukan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus, Padang, Rabu 2 Juni 2021.

PADANG, MJNews.id - Anggota Komite II DPD RI, Emma Yohanna mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Wahyu Sakti Trenggono melakukan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus, Padang, Rabu 2 Juni 2021. Pada kesempatan itu, Emma Yohanna turut hadir dalam kegiatan pemberian bantuan sembako untuk nelayan di pelabuhan PPS Bungus.


“ ementerian Kelautan dan Perikanan adalah mitra kerja Komite II DPD RI, kunjungan kali ini adalah wujud kerja sama yang telah terjalin antara KKP dengan DPD RI,” ujar Emma Yohanna. 


Senator asal Sumbar ini mengatakan bahwa, akhir Mei 2021 lalu juga menggelar rapat teknis dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan membahas pelaksanaan program kerja tahun 2021 dan rencana kerja tahun 2022. Tentunya DPD RI sangat mengapresiasi bentuk kesungguhan KKP RI dalam memperhatikan persoalan perikanan dan kelautan diberbagai daerah di Indonesia. 


Emma menjelaskan bahwa Provinsi Sumatera Barat memiliki luas wilayah pesisir sekitar 186.500 km2 atau 4 (empat) kali lipat dibandingkan luas daratan yang ada. Salah satunya daerah penangkapan ikan di kawasan Pantai Padang yang merupakan kawasan yang strategi dan pasokan ikan yang cukup melimpah. Namun faktanya nelayan di sekitar pantai masih tergolong miskin, yang pada umumnya adalah masyarkat nelayan tradisional tepatnya nelayan buruh masih berada dalam keadaan miskin bahkan musim panceklik.


 “ Saya berharap agar pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terus melakukan program dan memberikan bantuan dalam rangka untuk kesejahteraan masyarakat nelayan terutama di sepanjang pantai di Sumatera Barat,” harap Emma


Pada kesempatan itu Menteri KKP meminta aktivitas usaha di PPS Bungus diperkuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya nelayan tradisional dan anak buah kapal. 


"Yang jadi pikiran saya bagaimana nilai tukar nelayan lebih baik dan kesejahteraan meningkat. Untuk itu industri (perikanan) perlu didorong, sarana dan prasana diperbaiki," ujar Menteri Trenggono


Untuk mendukung geliat subsektor perikanan tangkap di Sumbar, Menteri Trenggono juga meminta jajarannya membangun ekosistem pelabuhan menjadi lebih hidup. Salah satu yang perlu disiapkan adalah coldstorage untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan dan menjaga kualitasnya.


(rls dpd) 


loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update