Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 17 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.441 628 44.295 1.108
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Menteri KP Harapkan Adanya Jiwa Kewirausahaan bagi Anak Didik Sekolah Perikanan

Kamis, 03 Juni 2021 | 00:23 WIB Last Updated 2021-06-03T06:40:25Z
Menteri KP RI, Sakti Wahyu Trenggono Kunjungi Kampus Poltek KP Pariaman.

PARIAMAN, MJNews.id - Sumatera Barat dikunjungi kembali oleh Pemerintah Pusat, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono, dilantik oleh Presiden Jokowi pada 23 Desember 2020, menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka dugaan kasus suap izin jasa kargo ekspor benih lobster.


Menteri KP beserta rombongan akan berada di Sumatera Barat selama 3 hari, sejak dari tanggal 02 – 04 Juni 2021, sesuai jadwal yang dikeluarkan  Kepala DKP Sumbar, Ir Yosmeri kepada media melalui bagian humas/ publikasi Poltek KP Pariaman, Ulfauza (jadwal tentatif).


Kehadiran Trenggono di Pariaman menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan terbuka Kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman sekitar pukul 15.30 WIB, setelah melakukan kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Teluk Kabung, Padang meninjau prosesing ikan tuna. Sementara rombongan Menteri KP dari Jakarta menuju Kampus Poltek KP melalui jalan darat.


Setibanya di Kampus Poltek KP Pariaman, Menteri KP disambut langsung oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur (lebih dikenal dengan sapaan ‘Aciak Bur’) dan Harisjon dari pihak Poltek KP Pariaman beserta rombongan muspida, TNI Polri, Polres Pariaman, Polsek Kecamatan V Koto Kampung Dalam serta tamu undangan lainnya juga pihak media.


Disambut oleh tarian galombang yang dibawakan oleh anak didik Poltek KP Pariaman dengan indahnya, selanjutnya Harisjon mengajak Trenggono berkeliling kampus, diantaranya: laboratorium pengolahan modern, bengkel latih, hatchery air tawar, fishing gear.


Setelah istrahat sejenak sambil minum air kelapa muda, selanjutnya Trenggono memberikan Bantuan Pinjaman Modal Kerja kepada 5 orang (mewakili) dengan kategori sebagai berikut: 

1) Pelaku usaha pembudidaya ikan Kabupaten Padang Pariaman, menerima sebesar Rp.15 juta,

2) Pelaku usaha pembudidaya ikan Kabupaten Padang Pariaman, diterima oleh Dasrizal, sebesar Rp.16 juta,

3) 7 orang anggota Pokdakan Berkah Vaname Kabupaten Padang Pariaman, diterima oleh Tamsil (mewakili) sebesar Rp.370 juta,

4) Pelaku usaha pembudidaya ikan Kabupaten Agam, diterima oleh Yan Aprizal sebesar Rp.200 juta

5) Pelaku usaha pembudidaya ikan Kabupaten Padang Pariaman, diterima oleh Lili Suryani, sebesar Rp.15 juta.


“Uang yang diterima ini berupa Bantuan Modal Kerja agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai habis dan merugi. Harapannya adalah Bantuan Modal Kerja ini dapat berkembang dan maju, sehingga tercapai tujuan program pemerintah yaitu mensejahterakan masyarakat desa,” demikian Trenggono menyampaikan amanahnya.


Kemudian, acara kunjungan kerja Menteri KP di Poltek KP Pariaman diakhiri dengan penebaran benur Udang Vaname.


“Sebanyak 250.000 benur Udang Vaname ditebar dalam kolam berukuran 2.000 m2,” demikian Harisjon menerangkan kepada media ini.


Sebelum acara berakhir, Trenggono berpesan agar anak anak harus belajar yang baik, semangat agar nanti tamat bangun usaha Perikanan jadi wirausaha perikanan. Kampus harus jadi tempat belajar berinovasi, kreativitas dan kemandirian. Belajar buat produk yang dicari pasar.


Selanjutnya Trenggono, Aciak Bur, Harisjon beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Apar Mangrove Park.


(aji) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update