Notification

×

Adsense2

Adsense3

Info Perkembangan Virus Corona

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 19 Juni 2021


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
48.817 603 44.887 1.120
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemko Solok Terapkan PPKM Berbasis Mikro

Rabu, 02 Juni 2021 | 20:25 WIB Last Updated 2021-06-02T17:38:49Z
WaliKota Solok, Zul Elfian Umar.

SOLOK KOTA, MJNews.id - Pemerintah Kota (Pemko) Solok Barat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.


WaliKota Solok, Zul Elfian Umar, Rabu 2 Juni 2021, mengatakan melihat status Kota Solok yang berada di zona oranye (sedang) Covid-19 maka Pemko Solok segera menerapkan PPKM.


Menurutnya perlu upaya cepat untuk mengantisipasi tingginya lonjakan kasus Covid-19. Salah satunya dengan penerapan PPKM mikro selain tetap peningkatan edukasi kepada masyarakat.


Zul meminta PPKM tersebut agar segera direalisasikan dan percepatan bentuk anggota satuan tugas (Satgas) Covid-19 untuk penerapannya.


Ia juga resah terkait pelaksanaan isolasi mandiri pasien Covid-19. Menurutnya jika hal ini terus berlanjut, maka akan sangat berpotensi besar terhadap penyebarannya kepada anggota keluarga lainnya.


Selain itu, dalam penerapan PPKM berbasis mikro, ada beberapa ketentuan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19. Selain itu masyarakat juga mesti melakukan edukasi tentang PPKM mikro tersebut.


“Jika ini diterapkan akan membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 karena sudah mulai dari tingkat terendah telah dilakukan pembatasan kegiatan,” ucapnya.


Selain itu, Kabag Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokomp) Kota Solok, Nurzal Gustim mengatakan saat ini perkembangan komposisi data kasus Covid-19 di Kota Solok mencapai 1.176 orang, yakni terdiri atas pasien sembuh berjumlah 1.064 orang, dirawat di RSUD M Natsir tujuh orang.


“Selanjutnya, menjalani isolasi mandiri 76 orang, dirawat di RST tujuh orang, dan meninggal dunia 26 orang,” ujar dia.


Ia mengimbau agar warga di kota itu senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta mengikuti anjuran pemerintah.


Selain itu, ia juga mengingatkan warga semua agar lebih disiplin dan ketat menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Terutama saat berada di luar rumah, di lingkungan pekerjaan maupun di tempat keramaian yang memicu penyebaran Covid-19.


“Jangan sampai lupa menerapkan tiga M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun,” kata dia.


(zal) 

loading...

Iklan Kiri Kanan





×
Berita Terbaru Update