Bupati Pesisir Selatan Serahkan 25 Unit Alsintan dari Anggota DPR RI Dapil Jateng
×

Adsense

MGID

Info Covid-19 Sumatera Barat Selengkapnya >

Update 3 Agustus 2021


Positif Kasus Aktif Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Pesisir Selatan Serahkan 25 Unit Alsintan dari Anggota DPR RI Dapil Jateng

Kamis, 15 Juli 2021 | 23:33 WIB Last Updated 2021-07-15T16:33:44Z

Rusma Yul Anwar serahkan 25 unit alat mesin pertanian
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar serahkan 25 unit alat mesin pertanian, Kamis 15 Juli 2021.

Pesisir Selatan, MJNews.ID - Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar serahkan 25 unit alat mesin pertanian (Alsintan) Kamis 15 Juli 2021, bertempat di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distahortbun) setempat.

Upaya itu bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta juga kesejahteraan masyarakat yang bergerak di sektor pertanian di daerah itu.

Bantuan yang berasal dari dana aspirasi Anggota DPR RI, Yohanes Aria Bima Trihastoto, daerah pemilihan Jawa Tengah itu tercapai berkat upaya Anggota DPRD Pessel, Sri Kumala Dewi, dari Fraksi PDI Perjuangan.

Selain anggota DPRD Pessel, Sri Kumala Dewi, penyerahan bantuan itu juga dihadiri kepala Distanhutbun Pessel, Nuzirwan, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Alpriyendri, serta puluhan pengurus kelompok tani penerima bantuan.
 
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD Pessel, Sri Kumala Dewi, karena telah memperjuangkan petani Pessel hingga bisa mendapatkan bantuan alsintan melalui dana aspirasi anggota DPR RI, Aria Bima, dari daerah pemilihan Jawa Tengah.

"Ini merupakan suatu perjuangan yang patut mendapat apresiasi dari pemerintah daerah dan masyarakat Pessel. Sebab melalui upaya yang dilakukan Ibu Sri Kumala Dewi, sehingga petani Pessel bisa mendapatkan bantuan alsintan melalui dana aspirasi Bapak Aria Bima, anggota DPR RI, yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Tengah," katanya.

Dia berharap melalui bantuan 25 unit alsintan dalam bentuk hand traktor itu, petani Pessel akan semakin meningkat produktivitasnya dalam melakukan pengolahan lahan.

"Melalui bantuan ini, saya berharap petani Pessel bisa lebih meningkatkan produktivitasnya dalam mengolah lahan pertanian, serta juga meningkatkan produksi pertanian di Pessel," ujarnya.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Pessel dia menyampaikan ucapan terima kasih.

Kepala Distanhortbun Pessel, Nuzirwan, dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa bantuan tersebut diserahkan kepada 25 kelompok tani tersebar di beberapa kecamatan di Pessel.

"Untuk tahun 2021, bantuan alsintan ini merupakan yang kedua kalinya diserahkan oleh bupati. Sebab pada 8 April 2021 lalu Pessel, juga mendapat bantuan dari Tugas Pembantuan Satker 03 Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Sumbar berupa 10 unit power thresher, dan 2 unit corn sheller," katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya siap untuk menjalankan misi ke tiga visi bupati dan wakil bupati Pessel dalam "Mewujudkan Pesisir Selatan Lebih Sejahtera, Maju dan Bermartabat Didukung Pemerintahan yang Akuntabel dan Profesional.

"Berdasarkan hal itu, sehingga kami dari jajaran Distanhortbun Pessel siap untuk menjalankan misi ketiga "Memperkuat Kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor potensi dan unggulan daerah. Untuk itu kami sudah menyusun tujuan perangkat daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani Pessel pada RPJMD 2021-2026," ucapnya.

Anggota DPRD Pessel, Sri Kumala Dewi, dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok tani yang antusias menyampaikan kebutuhannya dalam memenuhi kebutuhan alat pertanian.

"Karena masyarakat petani turut melancarkan pemerintah untuk menjemput bantuan ini ke pusat melalui proposal yang disampaikan, sehingga kita bisa menyalurkannya pada hari ini," katanya.

Dia juga menjelaskan agar masyarakat petani juga jeli membaca peluang dalam mendapatkan bantuan pusat.

"Sebagai petani kita juga harus jeli dan bisa melihat peluang ke pusat apa yang bisa kita bawah ke daerah. Sebab bila kita tidak bisa membaca peluang, maka kita akan sulit untuk mendapatkan berbagai program yang ada," timpalnya Demi.

(myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update