Pemkab Pessel Terus Genjot Usaha Budidaya Tanaman Bawang Merah
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Pemkab Pessel Terus Genjot Usaha Budidaya Tanaman Bawang Merah

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-08-14T15:00:00Z


Nuzirwan
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan.

Pesisir Selatan, MJNews.ID - Meskipun berada di dataran rendah dengan suhu relatif panas, namun Kabupaten Pesisir Selatan memiliki lahan potensial untuk pengembangan komoditi bawang merah yang tersebar dibeberapa kecamatan. 

"Setidaknya ada 100 hektare lahan potensial yang bisa dikembangkan untuk budidaya tanaman bawang merah. Lokasinya berada di Kecamatan Bayang, Batang Kapas, Sutera, Pancung Soal, Air Pura dan lainnya," ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan, Jumat 13 Agustus 2021, di Painan.

Menurutnya, potensi lahan seluas itu terus digarap untuk budidaya tanaman bawang merah. Kemudian saat ini produksi bawang merah di Pesisir Selatan 10 ton/ha per musim tanam dengan usia tanaman bawang merah 2 bulan.

Dikatakan, dari waktu ke waktu kebutuhan konsumsi bawang merah oleh masyarakat Pesisir Selatan terus meningkat. "Meningkatnya kebutuhan konsumsi bawang merah tersebut menjadi peluang yang menjanjikan bagi masyarakat yang membudidayakan tanaman bawang merah," katanya.

Menurut Nuzirwan, pihaknya terus mendorong para petani melakukan peningkatan usaha budidaya bawang merah setiap tahunnya, dan hasilnya kini sudah mulai terlihat, dimana usaha tersebut berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 

Disebutkan, tanaman bawang merah kini menjadi primadona bagi sejumlah kelompok tani di Pesisir Selatan. Pengembangan komoditi pertanian tersebut juga mendapat dukungan dari pemerintah.

"Usaha budidaya tanaman bawang merah memiliki prosfek yang cukup bagus untuk meningkatkan pendapatan ekonomi para petani. Selain pasarnya yang sangat luas, harga komoditi tersebut relatif stabil," ungkapnya.

(myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update