Potensi Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo Dikembangkan
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Potensi Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo Dikembangkan

Kamis, 12 Agustus 2021 | 22:00 WIB Last Updated 2021-08-12T15:00:00Z


Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo
Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo, Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan, MJNews.ID - Potensi Ekowisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, jika dikelola dengan baik, maka mampu meningkatkan arus kunjungan wisata. Hal itu disampaikan Walinagari Limau Gadang Lumpo, Nasrul Datuak Rajo Bagindo, Kamis 12 Agustus 2021.

Ia juga menyambut positif program pengembangan kawasan Ekowisata oleh BBTNKS dan Pemkab Pesisir Selatan, karena nagari ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata, salah satunya wisata arum jeram.

Menurut Nasrul, aliran sungai yang mengalir disepanjang nagari ini sangat potensial dikembangkan sebagai wisata atraksi. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat akan potensi tersebut sehingga pengembangannya mampu membawa dampak ekonomi.

"Selain wisata arum jeram, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti camping, hiking, memotret, santai menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna," ucap Nasrul lagi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo mengungkapkan, potensi wisata yang ada di Nagari Limau Gadang Lumpo seperti Batu Biduak yang telah melegenda, Camping Ground, Pemandian Alam Lubuk Panjang, Air Terjun Lumpo dan beberapa ngalau. Objek wisata tersebut saling berdekatan dan mempunyai keindahan dan unik.

Dijelaskan, Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki sejumlah aliran sungai yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata arung jeram, sebab kondisi sungainya berbatu besar dan curam serta menantang. Kedepan, potensi sungai tersebut perlu dikelola dengan maksimal menjadi lokasi wisata arung jeram.

"Secara bertahap sarana dan prasarana untuk mendukung wisata arung jeram mesti dtingkatkan seperti akses jalan menuju sungai. Dimana, salah sungai itu berada di Nagari Limau Gadang Lumpo," ungkapnya. 

(myd)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update