Bank Sampah Hijau Adakan Aksi Resik Kali di Sidomulyo Magelang
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Bank Sampah Hijau Adakan Aksi Resik Kali di Sidomulyo Magelang

Sabtu, 18 September 2021 | 20:00 WIB Last Updated 2021-09-19T10:22:31Z


Aksi Resik Kali di Sidomulyo
Bank Sampah Hijau Adakan Aksi Resik Kali di Sidomulyo Magelang.

MAGELANG, MJNews.ID - Berangkat dari keprihatinan melihat kondisi saluran irigasi yang melintas di Desa Sidomulyo Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang penuh dengan sampah, Bank Sampah Hijau Drojogan Sidomulyo yang diketuai oeh Sofiyah mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan Aksi Resik Kali bersamaan dengan kegiatan Pungut Sampah Sedunia World Clean Up Day 2021.

Kegiatan Aksi Resik Kali Sidomulyo 2021 ini dilaksanakan Sabtu 18 September 2021, dimulai pukul 08.00 WIB. Titik Kumpul di Balai Desa Sidomulyo Salaman. Kegiatan ini diikuti oleh 21 organisasi atau komunitas dari berbagai daerah, sekitar 150 orang. Saluran air yang dibersihkan sepanjang 700 meter.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sarifudin, SH dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Camat Salaman, Imam Wisnu Kusuma, S.STP. MM dan Duta Genre Kabupaten Magelang. Hadir pula Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sidomulyo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.

Sebelum acara dibuka secara resmi, terlebih dahulu ada sambutan dari Kepala Desa Sidomulyo, Nur Wasis ND. Sambutan selanjutnya dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sarifudin, SH yang sekaligus membuka acara Aksi Resik Kali secara resmi.

Adapun tujuan dari kegiatan aksi resik kali yang diadakan oleh Bank Sampah Hijau Drojogan Sidomulyo yang ini adalah untuk membersihkan kali dari sampah dan menggugah kesadaran warga sekitar untuk tidak membuang sampah di sungai.

Seperti kita ketahui, jika kita membuang sampah di sungai bisa membuat sungai kotor, dan bahkan bisa menimbulkan banjir. Disamping itu pemandangan sungai pun jadi tidak indah dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berbagai Instansi, organisasi dan komunitas ikut mendukung dalam kegiatan ini, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, BPD Desa Sidomulyo, PKK Desa Sidomulyo, Linmas Desa Sidomulyo, Posyandu Desa Sidomulyo, Kompeba, Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor IPNU Sidomulyo, IPPNU Desa Sidomulyo, Saka Bhayangkara, Polsek salaman, MI Maarif Sidomulyo, SDN Sidomulyo 1, Tidar Volunteer Community (TVC), Panti Gabut, Komunitas Pecinta Alam Pakeron (Forpapala), SDN Salaman 1, SDN Ngadirejo, dan SDN Salaman 2.

Setelah acara pungut sampah, sekitar kira-kira 1 jam, peserta kembali berkumpul di Balai Desa Sidomulyo untuk istirahat dengan menikmati hidangan yang sudah disediakan oleh panitia.

Dalam acara ini panitia memberikan kenang-kenangan kepada para peserta aksi resik kali berupa bibit tanaman diantaranya bibit durian dan bibit jambu kristal. Para peserta pulang dengan membawa bibit tersebut.

(yyk)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update