Kader Desa Japan Ikuti Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader dan SDM Pengelola Posyandu Dinkes Magelang
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Kader Desa Japan Ikuti Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader dan SDM Pengelola Posyandu Dinkes Magelang

Selasa, 21 September 2021 | 20:16 WIB Last Updated 2021-09-21T13:17:38Z


Kader Desa Japan Ikuti Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader dan SDM Pengelola Posyandu Dinkes Magelang
 Kader Desa Japan Ikuti Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader dan SDM Pengelola Posyandu Dinkes Magelang. (siti rahayu)

MAGELANG, MJNews.ID - Kader Posyandu merupakan tenaga sukarela yang berasal dari masyarakat daerah tersebut serta bersedia, mampu, dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu.


Fungsi Kader Posyandu itu sendiri mampu melaksanakan sejumlah kegiatan yang ada di lingkungannya. Kegiatan yang dilakukan sifatnya sederhana akan tetapi juga harus berguna untuk keluarga, kelompok dan masyarakat dalam pencegahan stunting. 


Ada beberapa jenis kegiatan yang dilakukan kader dalam memberikan pelayanan di posyandu, yaitu melakukan pendataan atau pemetaan balita di wilayahnya, menggerakkan dan memotivasi keluarga yang punya balita untuk datang dan mendapatkan pelayanan posyandu, memberi informasi pelaksanaan posyandu, melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan pelayanan posyandu, membuat dokumentasi kegiatan posyandu dan memberikan pelayanan balita di posyandu secara rutin.


Kader Posyandu memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya pencegahan stunting di masyarakat untuk mengajaki masyarakat memiliki perilaku hidup bersih dan sehat dan ikut serta dalam kegiatan posyandu.


Hari Selasa 21 September 2021, sebanyak 3 orang kader Desa Japan mengikuti Kegiatan Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader dan SDM Pengelola Posyandu di Povinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang yang bertempat di Trio Front One Resort Magelang. Ketiga kader tersebut adalah Endang Setyowening, Waliyah dan Nurkhasanah.


Ikut juga dari perangkat desa yaitu Siti Rahayu, S.Pd.I dan dari Puskesmas Suprapti STR Keb. dan Ika Ernia Wirawanti, SKM. Kelima orang tersebut mewakili Kecamatan Tegalrejo. 


Dari salah satu peserta, Waliyah, menyampaikan kepada awak media, setelah mengikuti kegiatan tersebut, harapannya Kader Desa Japan bisa memberikan penyuluhan dan bisa menyampaikan hasil kegiatan ini kepada kader-kader lainnya di Desa Japan, sehingga para kader bisa bekerja dengan baik dan benar, sehingga data yang dilaporkan bisa memperoleh data yang valid.


"Kita berharap bisa segera membentuk Posyandu Satelit seperti himbauan dari Narasumber Kegiatan Ir. Suyatno, M.Kes," ujar Waliyah mengakhiri pembicaraan.


(yyk)

loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update