Petani Nagari Persiapan Bunuik Pasbar Adakan Acara Turun ke Sawah
×

Adsense

Adsense Mobile

Adsense

Petani Nagari Persiapan Bunuik Pasbar Adakan Acara Turun ke Sawah

Sabtu, 18 September 2021 | 20:30 WIB Last Updated 2021-09-18T16:35:44Z


Petani Nagari Persiapan Bunuik Pasbar Adakan Acara Turun ke Sawah
Petani Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali, Pasbar Adakan Acara Turun ke Sawah.

PASAMAN BARAT, MJNews.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Pasaman Barat komit untuk meningkatkan produksi padi guna mensejahterakan petani.

"Insya Allah sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, kita akan berjuang untuk petani sampai ke Kementerian, jika tidak tertampung pada APBD, maka kita akan lobi pemerintah pusat. Alhamdulillah saat ini kita sudah surplus beras," kata Sekretaris DTPHP Drh. Dody San Ismail, saat menghadiri acara turun ke sawah sekaligus syukuran bagi petani di Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (15/9/2021).

Acara turun ke sawah tersebut, dihadiri oleh anggota DPRD Pasaman Barat Dedi Lesmana, Ketua Gapoktan Albasiko I Syamsuri beserta anggota, Forkopimca Kinali serta petani setempat.

Dody San Ismail menyebutkan, khusus untuk petani di Nagari Persiapan Bunuik, menawarkan berbagai bantuan untuk petani, seperti bantuan benih biofortifikasi kepada 5 kelompok tani dengan luasan 100 hektar dengan benih padi IR-nutrizinc. Pupuk, pestisida IP 400 untuk 2 kelompok tani dengan luasan 50 hekatar jenis bantuan benih Inpari 13, dan dana pembelian Saprodi.

Selanjutnya, Alsintan combine hardvester mini 2 unit, yang bersumber dari dana APBN TP (03) Disbuntanhort Provinsi Sumbar. Bantuan benih sawah Tahap I dana APBN TP (03) Disbuntanhort Provinsi sebanyak 2 kelempok dengan luasan 50 hektar.

Menurut Dody, dalam bidang sarana dan prasarana akan membantu juga membantu RUJT I Poktan luasan 50 hektar dana bantuan TP Provinsi. Selanjutnya, bantuan Alsintan I unit transplanter beras dari Kementerian Pertanian.

"Penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2021 yang sudah tersalur adalah, urea 1.313.350 kg, NPK Ponska 1.470.700 kg, SP 36 314.650 kg, ZA 213.550 kg, petroganik 133.340 kg dengan jumlah kelompok tani yang menerima pupuk subsidi sebanyak 159 Poktan," terangnya.

Selanjutnya, kata Dody, kegiatan IPDMIP dana hibah dari ADB melalui Kementerian Pertanian jenis bantuan sekolah lapangan 12 kali pertemuan dan I unit labor lapangan.

Dodi menyebut target produksi pada tahun 2021 ini sudah mencapai 66 pesen atau 85. 000 ton/tahun dari target 130.000 ton/tahun dua kali masa tanam (MT), dengan luas 8000 hektar di Pasaman Barat dengan daerah potensial, Talamau, Kinali, Ranah Batuhan dan Gunung Tuleh.

"Kita optimis target itu tercapai, sehingga kebutuhan beras daerah terpenuhi dan Pasaman Barat bisa terkenal keluar," kata Dody San.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ketua Gapoktan Bunuik Kinali Syamsuri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat dan anggota DPRD Dedi Lesmana atas perhatian dan bantuannya kepada petani Bunuik Kinali.

Ia menambahkan, saat ini ada 300 hektar lahan pada Gapoktan Albasiko Bunuik Kinali, dengan jumlah petani sebanyak 600 orang, yang akan ditanam dengan variasi infari 13.

Dia meminta kepada anggota DPRD Dedi Lesmana dan Pemkab Pasbar untuk membangun jalan usaha tani menuju pertanian Albasiko I dan kebutuhan petani lainnya, baik melalui APBD maupun Pokir DPRD.

Dedi Lesmana, anggota DPRD Pasaman Barat merasa berkewajiban untuk mengusulkan jalan usaha tani tersebut. Ia akan berjuang dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memenuhi semua itu.

"Kalau yidak bisa dengan anggaran APBD kita akan coba melalui APBN," kata Dedi.

(wyu)
loading...

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update