Anggota DPRD Sumbar Salurkan Bantuan Bibit Kopi Robusta di Lengayang
×

Adsense

Adsense Mobile

Anggota DPRD Sumbar Salurkan Bantuan Bibit Kopi Robusta di Lengayang

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-10-29T20:15:49Z

loading...
Anggota DPRD Sumbar Salurkan Bantuan Bibit Kopi Robusta di Lengayang
Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson Salurkan Bantuan Bibit Kopi Robusta di Lengayang.

Pesisir Selatan, Mjnews.id - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Zarfi Deson, dari Fraksi Golkar, menyerahkan 26.300 batang bibit kopi robusta kepada tiga kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (28/10/2021).

Penyerahan bantuan terhadap tiga Poktan yang terdiri dari, Poktan Limau Manis Kulam, Nagari Kambang, Poktan Aie Kalam dan Tanjung Durian di Nagari Lakitan Tengah itu, dilakukan melalui kegiatan reses pada masa sidang pertama untuk daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Pesisir Selatan dan Mentawai.

"Saya bersyukur karena harapan masyarakat untuk mendapatkan bantuan bibit kopi yang berasal dari dana Pokir saya selaku anggota DPRD Sumbar telah bisa direalisasikan hari ini. Bantuan bibit yang disalurkan kepada tiga Poktan sebanyak 26.300 batang jenis kopi robusta ini, difasilitasi oleh Dinas Pertanian Sumbar melalui APBD tahun 2021," katanya.
 
Dia berharap bantuan yang sudah disalurkan itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat petani yang tergabung pada tiga kelompok tani yang tersebar di dua nagari itu.

"Selain menyerahkan bantuan bibit, kunjungan saya ke lapangan juga bertujuan untuk melakukan silaturahmi dengan masyarakat. Sebab hingga saat ini, saya sudah lima bulan tidak bertemu dengan masyarakat petani di tiga Poktan itu," ucapnya.

Lebih lanjut Zarfi Deson menjelaskan, penyerahan bibit itu adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya di Kecamatan Lengayang tersebut.

"Harapan saya bantuan ini benar-benar dapat meningkatkan perekonomian petani di kecamatan ini. Sebab potensi pengembangannya sangat besar, disamping juga memiliki jaminan pasar," ucapnya.

Camat Lengayang, Zoni Eldo, ketika dihubungi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson, tersebut.

"Karena potensi pengembangan komoditi kopi sangat besar bisa dilakukan di Kecamatan Lengayang, sehingga petani berharap agar ada bantuan dari pemerintah dalam mendapatkan bibit. Dan itu telah direalisasikan melalui bantuan dana pokir, makanya sebagai pihak pemerintahan saya sangat berterima kasih," Katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga berharap agar petani dapat mengembangkan tanaman itu, agar Kecamatan Lengayang bisa kembali menjadi sentra kopi di Pesisir Selatan di masa datang.

(myd)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update