Bupati Solok Vidcon dengan Mendagri dan Menkeu Dorong Percepatan Realisasi APBD 2021
×

Adsense

Adsense Mobile

Bupati Solok Vidcon dengan Mendagri dan Menkeu Dorong Percepatan Realisasi APBD 2021

Selasa, 23 November 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-11-23T08:08:47Z

loading...
Bupati Solok Vidcon dengan Mendagri dan Menkeu
Bupati Solok Vidcon dengan Mendagri dan Menkeu Dorong Percepatan Realisasi APBD 2021.

Arosuka, Mjnews.id - Bupati Solok mengikuti Video Conference dengan Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Video Conference (Vidcon) tentang percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pandemi, serta percepatan realisasi APBD tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se Indonesia di kediaman Bupati di Singkarak, Senin 22 November 2021.

Turut mendampingi, Sekda Kabupaten Solok, Medison. Kepala BKD, Kepala Barenlitbang, Staf Ahli Bupati dan Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Dalam arahan Presiden RI, Joko Widodo yang disampaikan oleh Mendagri Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah untuk melakukan percepatan dalam merealisasikan belanja pemerintah, baik melalui dana APBN maupun APBD. 

Kemudian meminta seluruh kepala daerah untuk mewaspadai gelombang peningkatan pandemi Covid-19 yang akan berdampak pada ekonomi.

Selanjutnya kepala daerah harus mendorong realisasi investasi, mengawal dan komitmen investasi agar dapat berjalan serta direalisasikan dengan maksimal. Dan kepala daerah bersama pemerintah berkomitmen terhadap, pengembangan ekonomi hijau dan menuju transisi ke energi terbarukan. 

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian, dalam arahnya agar kepala daerah mengingat Keterkaitan kondisi ekonomi nasional dan daerah. Dikarenakan banyak daerah yang sistem keuangannya bertumpu kepada dana transfer dari Pusat. 

Selanjutnya kemendagri membagi kategori daerah berdasarkan kapasitas fiskal fiskal yaitu: Kapasitas fiskal, kapasitas fiskal sedang dan kapasitas fiskal lemah. 

Sementara itu, arahan Mentri Keuangan Sri Mulyani dalam vidcon tersebut menyampaikan, seluruh kepala daerah untuk tetap waspada terhadap kenaikan covid-19.

Kondisi di seluruh Indonesia sedang terjadi penurunan jumlah kasus dan persiapan pelaksanaan vaksinasi massal.

Menurut Sri Mulyani, vaksinasi menjadi salah satu jawaban menekan kenaikan kasus, oleh karena seluruh kepala daerah harus mempercepat pelaksanaan pelaksanaan vaksinasi di seluruh daerah. 

Jangan lupa, Kemenkeu mengingatkan kepala daerah untuk memprioritaskan prioritaskan kepada lanjut. Sementara untuk Perkembangan ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami akselarasi pemulihan pada kuartal ke dua, berdampak positif terhadap nilai tukar rupiah.

(zal)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update