Lumbung Pangan Masyarakat di Nagari Padang Ganting Diresmikan
×

Adsense

Adsense Mobile

Lumbung Pangan Masyarakat di Nagari Padang Ganting Diresmikan

Kamis, 25 November 2021 | 03:00 WIB Last Updated 2021-11-24T20:00:00Z



peresmian Lumbung Pangan Masyarakat Padang Ganting
Bupati Eka Putra bersama Ketua TP PKK Tanah Datar Lumbung Pangan Masyarakat di Nagari Padang Ganting. (humas)

TANAH DATAR, Mjnews.id - Di tengah keterbatasan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pelaksanaan fisik seperti gudang lumbung pangan dan sarana pendukungnya Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) Tuan Khadi Nagari Padang Ganting sangat dirasakan sekali manfaatnya.

"Saya ingin gudang lumbung pangan ini dimanfaatkan secara maksimal, sehingga tidak menjadi gedung kuno, sarang laba-laba ataupun sarang burung," kata Bupati Eka Putra saat meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Nagari Padang Ganting, Rabu (24/11/2021).

Karena itu, tambah Eka, diharapkan Gapoktan ataupun masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan gedung yang dibangun dengan dana yang cukup besar. 

"Alhamdulillah, berkat Dana Alokasi Khusus/DAK dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar dari Kementerian Pertanian diperoleh anggaran Rp500 juta. Pergunakan sarana ini dengan adil dan kompak, jangan sampai ada perselisihan," kata Eka. 

Disebutkan Bupati, LPM merupakan kegiatan pengembangan cadangan pangan masyarakat dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan masyarakat dari kerawanan. 

"Untuk siasati kerawanan pangan masyarakat dilakukan pembangunan fisik lumbung, pengisian cadangan pangan dan penguatan kelembagaan kelompok dengan tujuan peningkatan kesejahteraan petani," katanya.

Kemudian di kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan selamat atas terpilihnya Gapoktan Tuan Khadi. 

"Secara fisik lumbung pangan merupakan tempat penyimpanan hasil produksi pertanian yang dikombinasikan dengan fasilitas alat mesin pengolahan gabah atau padi. Sehingga masyarakat tidak menjual berupa gabah lagi tapi sudah berupa beras," tukas Bupati Eka. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi menyampaikan, pembangunan LPM dan sarana pendukung sebesar Rp500 juta dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Tuan Khadi. 

"Pembangunan fisik lumbung pangan ini berkapasitas 60 ton dengan sarana pendukung Rice Milling Unit dan lantai jemur," katanya. 

Selanjutnya, tokoh masyarakat Padang Ganting Darisman menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan LPM di daerahnya. 

"Alhamdulillah, atas nama Gapoktan Tuan Khadi kami ucapkan terima kasih, karena ini memudahkan anggota kami mengolah gabah dan menstabilkan harga gabah itu sendiri," katanya. 

Ditambahkan Darisman lagi, Gapoktan Tuan Khadi terdiri dari 7 kelompok tani yang ada di Kecamatan Padang Ganting dengan jumlah anggota 45 orang masyarakat petani. 

Turut hadir Kepala Pusat Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, kepala OPD, Camat bersama Forkopimca Padang Ganting, Wali Nagari se Kecamatan Padang Ganting, pengurus dan anggota Gapoktan dan undangan lainnya.

(Prokopim)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update