Rusli Umar, Sosok Sederhana dan Pekerja Keras
×

Adsense

Adsense Mobile

Rusli Umar, Sosok Sederhana dan Pekerja Keras

Senin, 01 November 2021 | 11:00 WIB Last Updated 2021-11-01T15:24:00Z



Rusli Umar
Rusli Umar.

Padang Pariaman, MJNews.id - Rusli Umar kelola potensì daerah melalui sektor pertanian bidang holtikultura komoditi tanaman herbal.

Tanaman herbal seperti kunyit hitam, kunyit merah, kunyit putih, pala, jeruk nipis jahe merah, emprit, dan jahe gajah di samping sebagai tanaman rempah untuk bumbu masak juga sebagai obat untuk kesehatan.

"Kita akan tergetkan pengembangan komoditi tanaman herbal ini di Kabupaten Padang Pariaman guna mengantisipasi serta pengecahan Virus Covid 19 yang sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan berakir di Indonesia khusunya Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan berbudidaya tanaman herbal ini akan menunjang perekonomian masyarakat di sektor pertanian bidang holtikultura.

Satu bibit kunyit hitam Rp 150-200 ribu per batang dengan potensi hasil Rp 1-2 juta per kilogram.

Akan kita tergetkan di tahun 2024 nanti masyarakat Padang Pariaman akan membudidayakan tanaman herbal tersebut dalam ratusan hektare.

"Sementara ini kita telah menbudidayakan ribuan batang kunyit hitam dan merah serta 3 hektare tanaman jahe merah dan emprit," ucap Rusli Umar ketika MJNews mengunjungi kebun tanaman herbalnya (31/10/2021) di Kudu Gantiang, Kecamatan V Koto Timur.

"Melalui pengembangan tanaman Herbal tersebut nantinya kita akan dirikan Pabrik pengolahan Obat-obatan di Padang Pariaman," lanjut Rusli Umar anggota Komisi II Fraksi Gerindra DPRD Padang Pariaman yang membidangi sektor Pertanian.

Di sela-sela kunjungan tersebut, hamparan beberapa hektare lahan perkebunan juga sudah disiapkan untuk ditanami komoditi manggis, durian dan pala.

Disamping tanaman herbal, Rusli akan kembangan program "Lima Ratus Batang Tanaman Jeruk Nipis" di dua Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan Kecamatan V Koto Timur, yang sudah digagas sebelum beliau menjabat sebagai anggota Dewan di Padang Pariaman.

Di sela-sela Pemilihan Walingari Serentak (Pilwatak) 2021 dalam kunjungan awak media ini, saya akan menggandèng Walinagari terpilih di Dapilnya saya untuk bekerjasama dalam menjalankan program tersebut demi meningkatkan perekonomian masyarakat dinagari melalui program program ekonomi kemasyarakatan di sektor Pertanian," akhirnya.

Sekarang ini, Anggota Dewan tersebut sedang melakukan tanaman sayuran seperti oyong alias pitula, peria dan terung ungu di lahan seluas 2 hektare.

(Syamsul)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update