Komite II DPD RI Kunjungan Kerja ke Kabupaten Karo Sumatera Utara
×

Adsense

Adsense Mobile

Komite II DPD RI Kunjungan Kerja ke Kabupaten Karo Sumatera Utara

Selasa, 14 Desember 2021 | 09:00 WIB Last Updated 2021-12-14T07:12:15Z



Komite II DPD RI Kunjungan Kerja ke Kabupaten Karo
Komite II DPD RI Kunjungan Kerja ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

KARO, Mjnews.id - Komite II DPD RI melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara untuk meninjau dampak erupsi Gunung Sinabung pada Senin (13/12/2021) di Kabupaten Karo.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Karo, Sumatera Utara dan dihadiri oleh Bupati Karo beserta jajaran, Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan pemangku kepentingan lainnya.

Lukky Semen selaku pimpinan rombongan kunjungan kerja Komite II mengawali sambutannya dengan menyampaikan beberapa catatan permasalahan di Kabupaten Karo terkait dengan erupsi Gunung Sinabung. 

Senator asal Sulawesi Tengah tersebut juga menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah karena menghadirkan seluruh pemangku kepentingan.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, turut menyambut baik kegiatan ini dengan harapan besar agar permasalahan erupsi Gunung Sinabung yang selama ini terjadi di Kabupaten Karo dapat terselesaikan. 

Pada kesempatan yang sama, Subkoordinator Pupuk Bersubsidi Kementerian Pertanian, Diah Paramita, menyampaikan pandangannya terhadap sektor pertanian di Kabupaten Karo yang sangat terdampak erupsi Gunung Sinabung. “Bantuan saprodi tahun 2021 untuk Kabupaten Karo berupa pupuk hayati cair adalah sebanyak 64.000 liter yang mengakomodir sekitar 12.000 hektar,” tambahnya. 

Menanggapi pernyataan perwakilan Kementerian Pertanian tersebut, Lukky Semen mengatakan bahwa persoalan ketersediaan pupuk terutama pupuk bersubsidi tidak hanya terjadi di Kabupaten Karo saja tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami berharap Pemerintah Daerah juga mengawasi alur distribusi pupuk di daerahnya masing-masing,” tegas Wakil Ketua Komite II DPD RI tersebut.

Setelah acara di Kantor Bupati Karo selesai, rombongan Komite II DPD RI melanjutkan perjalanan menuju Desa Kutambaru Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo. Sesampainya di Gedung Pertemuan Desa Kutambaru, rombongan Komite II DPD RI yang dipimpin oleh Lukky Semen disambut secara adat. 

Berbagai aspirasi berhasil dihimpun oleh Komite II DPD RI, termasuk mengenai permasalahan akses jalan yang menjadi kendala bagi Kementerian PUPR.

”Kami sudah menandatangani persetujuan pemanfaatan lahan jalan sebagai akses keluar-masuk alat berat untuk penanggulangan bencana,” jelas warga Kutambaru. 

Badikenita selaku Anggota DPD RI Provinsi Sumatera Utara menyampaikan akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait agar permasalahan yang timbul akibat dampak erupsi Gunung Sinabung dapat segera terselesaikan karena DPD RI hadir dari daerah untuk Indonesia.

(rls/dpd)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update