PAW Pimpinan, H. Erianto Jabat Ketua DPRD Pasaman Barat
×

Adsense

Adsense Mobile

PAW Pimpinan, H. Erianto Jabat Ketua DPRD Pasaman Barat

Senin, 13 Desember 2021 | 17:00 WIB Last Updated 2021-12-14T03:53:26Z



 

H. Erianto resmi menjabat ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, setelah diambil sumpah jabatannya Senin (13/12) dalam rapat paripurna istimewa DPRD Pasaman Barat

SIMPANG EMPAT, MJNEWS.ID -  H. Erianto resmi menjabat Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat sisa periode masajabatan 2019-2024 setelah pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD, Senin (13/12) dalam rapat paripurna istimewa.

Hal ini merupakan Penggantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD sesuai SK DPP Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilu di Pasaman Barat tahun 2019 lalu dan ditindaklanjuti dengan SK Gubernur Sumatera Barat. H. Erianto menggantikan Ketua sebelumnya, Parizal Hafni yang bergeser sebagai anggota komisi II dan anggota Badan Anggaran DPRD Pasaman Barat.

Pantauan media ini, rapat paripurna tersebut yang terbuka untuk umum. Acaranya berjalan dengan khidmat dan lancar dengan protokol kesehatan pandemi Covid 19 yang ketat. Banyak tamu undangan yang datang, begitu juga ucapan selamat melalui papan bunga (floris) banyak yang mengirim. Mulai dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, Sekjen Ahamd Muzani, Bupati Pasaman Barat dan yang lainnya, baik itu pejabat, mitra kerja maupun sahabat, diperkirakan ratusan jumlahnya.

Ketua DPRD, H. Erianto usai diambil sumpah/janji jabatanya menyampaikan harapan, semua dapat menciptakan hubungan yang harmonis dan silaturrahmi yang selalu terjalin dengan baik bersama pemerintah, Forkopinda maupun seluruh awak media masa/insan pers sebagai penyeimbang kebijakan pemerintah, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata di Kabupaten Pasaman Barat. "Kita tingkatka kinerja kelembagaan, produktivitas dan kualitas terbaik terhadap keputusan-keputusan yang akan dihasilkan," katanya.

Disampaikan, menjadi pimpinan dituntut kesiapan fisik dan mental yang prima guna menghadapi tantangan maupun dinamika yang terjadi dalam lembaga, disamping dukungan Sekwan dan staf sekretariat DPRD. "Dukungan keluarga menjadi faktor yang sangat menentukan dalam mensukseskan segala kegiatan dan aktifitas di DPRD. Dalam melaksanakan tugas ini, tentunya kami jauh dari kesempurnaan, untuk itu kami mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh pimpinan dan anggota DPRD," pintanya.

Dia berjanji dengan komitmen dan selalu bersikap terbuka kepada seluruh pihak dalam menerima masukan, kritik serta saran yang membangun dalam menjalankan kegiatan dan aktifitas kelembagaan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Pasaman Barat, H. Maryanto menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua DPRD, Erianto yang sudah resmi menjabat."Tentu harapan kita kepada Bapak H. Erianto  dan meneruskan peran dan dapat melaksanakan tugas dan bersinergi dengan stake holder eksekutif, memgutamakan kepentingan masyarakat serta berperan aktif dalam aktivitas dewan," tukas Maryanto.

Dia juga meminta, Ketua DPRD mampu memegang teguh sumpah dan janji yang sudah diucapkan dan mengemban amanah rakyat dengan baik, serta membangun kerjasama dengan seluruh pihak.

Memelihara amanah rakyat bukan perkara yang mudah, sebab masyarakat menginginkan kerja keras, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat.

 Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD yang lama, Parizal Hafni. Sebagai kader partai telah melaksanakan tugas yang diberikan oleh partai dengan maksimal.Semoga segala kebaikan yang telah diperbuat selama menjabat akan menjadi catatan positif dan ladang amal ibadah, yang kelak akan dibalas oleh Allah SWT.

Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pasaman Barat, Supriono menyampaikan,kepada ketua DPRD yang baru diharapkan dapat segera bekerja maksimal melaksanakan tugas dan fungsinya,bersama pimpinan dan anggota DPRD lainnya. Saling bersinergi untuk memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Ketua DPRD yang baru juga diharapkan dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas kinerja sebagaimana yang telah dicapai selama ini. Bersinergi dan saling mendukung dengan berbagai unsur, baik lembaga eksekutif maupun para pemangku kepentingan lainnya, agar program kerja pembangunan daerah dapat dicapai sebagaimana diharapkan bersama untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kemitraan antara legislatif dan eksekutif harus lebih dikokohkan lagi, apalagi kedua lembaga ini merupakan mitra pengawasan dalam menentukan pelaksanaan pemerintahan kabupaten,” jelasnya.

Adapun PAW pimpinan DPRD Pasaman Barat dalam jabatan Ketua DPRD itu berdasarkan surat DPP Gerindra, DPD Gerindra Sumbar dan surat Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Pasaman Barat nomor: 028/DPC-GERINDRA/PB/X-/2021 tanggal 21 Oktober 2021 perihal Pengajuan pergantian Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat Partai Gerindra sisa masa jabatan periode 2019-2024. Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Nomor: 06 0102/Kpts/DPC-GERINDRA/2021 tanggal 08 Juni 2021 tentang Penggantian Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasaman Barat dan Ketua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasaman Barat Sisa masa Jabatan Periode 2019-2024 atas nama Meilizar.

Kemudian terbitnya Surat Keputusan Gubernur Sumbar nomor 171 - 913 - 2021 tentang peresmian pemberhentian secara terhormat pimpinan DPRD Pasbar atas nama Parizal Hafni tanggal 2 Desember 2021. Dan Surat Keputusan Gubernur Sumbar nomor 171 - 914 - 2021 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Pasbar atas nama Erianto tanggal 2 Desember 2021 sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan mengacu pada sejumlah ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, maka Senin Tanggal 13 Desember 2021 telah dilaksanakan Rapat Paripurna istimewa pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan DPRD sisa masa jabatan 2019 – 2024.(Andik)

 

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update