DSPPKBPPPA Padang Panjang Gelar Rakor Pengarusutamaan Gender
×

Adsense

Adsense Mobile

DSPPKBPPPA Padang Panjang Gelar Rakor Pengarusutamaan Gender

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:00 WIB Last Updated 2022-01-14T22:25:44Z



Rakor Pengarusutamaan Gender
DSPPKBPPPA Padang Panjang Gelar Rakor Pengarusutamaan Gender.

PADANG PANJANG, MJNews.id - Sebagai bagian dari upaya efektivitas percepatan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kota Padang Panjang, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, kPemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) menggelar Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Aula Dinas itu, Jumat (14/1/2022).

Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si menyatakan maksud dan tujuan diadakan rakor ini sebagai bentuk koordinasi guna mendapatkan kesepakatan dan komitmen PUG di semua lembaga pemerintahan di Kota Padang Panjang.

Dijelaskannya, keutamaan gender adalah suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan Gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan.

"Dengan adanya pembangunan, maka akan berdampak positif bagi perencanaan pencapaian PUG dalam peningkatan SDM, sebagai media keadilan untuk membangun manusia seutuhnya," ungkapnya. 

Kesetaraan gender, katanya lagi, juga diperlukan strategi agar dapat terencana. Harapan ke depannya dipastikan seluruh masyarakat, baik laki-laki dan perempuan, iagar terlibat dalam proses pembangunan.

Ditambahkannya, pemerintah saat ini telah menggambarkan secara jelas dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) mengenai permasalahan mendasar berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuan.

"Diharapkan melalui forum ini keseriusan dari seluruh peserta agar berperan aktif. Terutama pada pencapaian keberhasilan dalam percepatan PUG dan Kota Layak Anak di daerah kita ini. Sehingga nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut turut dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam mewujudkan kecamatan, kelurahan dan masjid/mushalla layak anak. Serta penandatanganan komitmen bersama dalam mewujudkan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dengan camat dan lurah se-Kota Padang Panjang.

(son)

Iklan Kiri Kanan

Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update