Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo Penuhi Syarat Jadi Ketua KAN Salayo
×

Adsense

Adsense Mobile

Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo Penuhi Syarat Jadi Ketua KAN Salayo

Sabtu, 30 April 2022 | 15:30 WIB Last Updated 2022-04-30T11:00:49Z


loading...

KAN Salayo.

Solok, MJNews.id - Banyak kalangan menilai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Salayo yang baru, Alan Tiumaru dt Bandaro Kayo adalah sosok paling tepat menjadi Ketua KAN Salayo.

Syarat dan rukun untuk jadi Ketua KAN Salayo tersebut terpenuhi. Diantaranya dimana Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo memiliki rumah gadang/sandi rumah gadang, memiliki area perkuburan di Balai Nan Panjang Kubung 13 Nan Saedaran dengan Tungku Nan Tigo.

Sesuai dengan pituah "Salisieh adek samo adek disalasaikan di Galanggang Tangah. Salisieh Sako jo Pusako disalasaikan di Bawah Jao dan Salisieh Syarak samo Syarak disalasaikan di Andaleh. Yang artinya Sosok Ketua KAN Salayo Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo secara universal kompliks dan lengkap dianut para petinggi pemangku adat di Minangkabau.

Sekretaris KAN Salayo yang baru Agus Mulyanto Dt Pono Batuah mengatakan, sosok Alan Tiumaru Dt Bandaro diharapkan bisa pemersatu dan perekat dari perbedaan terjadi dalam korong kampung suku dan nagari. Melalui sentuhan tangan dingin kepemimpinan Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo ditinggikan sarantiang, didahulukan selangkah di dalam Nagari Salayo di bidang adat istiadat dan sako pusako serta pembangunan nilai-nilai adat dan budaya.

Agus Mulyanto Dt Pono Batuah jadi optimis dan berkeyakinan lambat laun, Alan Dt Bandaro Kayo bisa membawa banyak kemajuan bagi masyarakat adat Nagari Salayo. Berbagi persoalan dan perselisihan terjadi menyangkut sako pusako dan tanah ulayat Nagari Salayo bisa diselesaikan dengan baik dan efektif.

Sejak Alan Tiumaru Dt Bandaro disepakati Ninik Mamak Nagari Salayo untuk menjadi Ketua KAN Salayo yang baru 4 April 2022, dukungan dari berbagai kalangan masyarakat terus berdatangan silih baganti diantaranya datang dari Urangtuo Suku Tambang Padang Dt Bandaro Sati ditambah Dt Kilek Langik dan Dt Rajo Bungsu.

Urangtuo Suku Tambang Padang malah karena rasa optimis terhadap kepemimpinan Alan Tiumaru dt Bandaro Kayo. Secara berangsur-angsur nanti informasi tersebut bakal disampaikan langsung kepada anak kemenakan dan cucunya.

"Terus terang saya selaku Urangtuo Suku Tambang Padang sangat mendambakan bagaimana kehidupan dan peri kehidupan anak kemenakan dan cucu saya kelak hidup berjalan damai dan tentram-tenteram saja. Tidak banyak masalah," katanya.

Sementara itu, Penasehat KAN Salayo Boy Hendra Tuan Khatik Kayo, SH, SE menyebutkan, terkait dengan Kesepakatan Ninik Mamak Salayo menetapkan Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo sebagai Ketua KAN Salayo adalah sah dan meyakinkan secara hukum sesuai jiwa dan amanah dari Sila ke-4 dari Pancasila dan itu sesuai dengan kebudayaan Minangkabau yang mengutamakan musyawarah mufakat dalam pemilihan dan penetapan Ketua KAN Salayo yang baru.

Sedangkan Bundo Yetna Sriyanti mengatakan, sebenarnya setidaknya sudah empat kali Bundo Yetna Sriyanti dkk dengan kepengurusan KAN Salayo Doni Indra Dt Rajo Aceh dkk untuk mengggelar Sidang Adat Terbuka, namun tak berhasil sampai saat ini.

Diketahui, masa jabatan Ketua KAN Salayo Doni Indra Dt Rajo Aceh periode 2015 - 2020 sebenarnya sudah berakhir sejak 2 tahun dan secara hukum serta administrasi tidak ada haknya untuk membuat dan menandatangani berhubungan dengan KAN Salayo, maka itu setelah melalui proses panjang, Ninik Mamak Salayo sepekat menetapkan Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo sebagai Ketua KAN Salayo yang baru.

Kepada Alan Tiumaru Dt Bandaro Kayo dkk diberi amanah untuk melengkapi dan menyempurnakan susunan pengurus dan bidang-bidang diperlukan sesuai kebutuhan organisasi.

(zal mega)

Iklan Kiri Kanan



Iklan Adsense

×
Berita Terbaru Update