Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat Hari Ini
×

Adsense

Adsense Mobile

Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat Hari Ini

Rabu, 20 Juli 2022 | 10.30 WIB Last Updated 2022-07-20T03:51:23Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

JAKARTA, Mjnews.id - Narapidana atas nama Moh. Rizieq alias Habib Muhammad Rizieq Shihab bin Husein Shihab (Alm) dapatkan hak integrasi berupa Pembebasan Bersyarat (PB), Rabu (20/7/2022). 

Pembebasan Rizieq ini dilakukan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Cipinang setelah terbitnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor PAS-1508.PK.05.09 Tahun 2022 tentang Pembebasan Bersyarat Narapidana Moh. Rizieq alias Habib Muhammad Rizieq Shihab bin Husein Shihab (Alm). 

Sebelumnya, Rizieq yang telah ditahan sejak 12 Desember 2020 mengajukan permohonan PB pada 14 Juni 2022.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas 1 Cipinang, Jaya Saragih mengatakan, pihaknya telah memastikan Pembebasan Bersyarat Rizieq itu telah memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan yang berlaku dan melalui tahap Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan. 

"Mengingat hak yang diterima merupakan Pembebasan Bersyarat, maka sampai dengan 10 Juni 2024 atau berakhirnya masa percobaan setelah PB, yang bersangkutan menjadi Klien Pemasyarakatan dan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan,” kata Jaya.

Selain itu, Rizieq juga dinilai telah memenuhi syarat dimana telah melaksanakan program pembinaan dengan baik. Ia juga mendapatkan remisi sebanyak dua bulan selama menjalani masa pidana yang berasal dari Remisi Umum Susulan dan Remisi Khusus Susulan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Rutan Bareskrim Polri, Kejaksaan Negeri Jakarta Timus, Balai Pemasyarakatan Jakarta Pusat termasuk Penasihat Hukum Rizieq. Pelaksanaan pembebasan didukung dengan pengawalan dari Bareskrim Polri, Rutan Cipinang, Lapas Kelas 1 Cipinang, dan Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta," ujar Karutan.

Adapun pemberian Pembebasan Bersyarat tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 117). 

(bs)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update