Hamsuardi Buka Lomba Kwartir Ranting Pramuka di Sungai Aur
×

Adsense

Adsense Mobile

Hamsuardi Buka Lomba Kwartir Ranting Pramuka di Sungai Aur

Sabtu, 30 Juli 2022 | 15.00 WIB Last Updated 2022-07-30T09:08:57Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pasbar, Mjnews.id - Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Ka Mabicab) Pasaman Barat Hamsuardi menilai pramuka mampu melatih mental pemimpin masa depan Kabupaten Pasaman Barat.

Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan lomba kwartir ranting di Bumi Perkemahan Simpang Gadang Kecamatan Sungai Aur, Sabtu (30/7/2022). 

Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat terutama peserta didik. Adapun kegiatan pramuka berbentuk lomba dan pertemuan.

"Di Pramuka ini melatih mental menjadi kuat, saya yakin yang berada di perkemahan ini adalah praja pilihan dari sekolah masing-masing," katanya. 

Ia menambahkan, di Kecamatan Sungai Aur saja sekitar 22 Sekolah Dasar (SD) dan 8 SMP ambil bagian mengikuti lomba. Mereka berbaur antara satu dengan yang lainnya sehingga tercipta kebersamaan, berkelompok dan bekerja sama.

"Banyak nilai yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, saya berharap kepada semua peserta di Kwarran LT 2 ini mengikuti dengan serius dan disiplin. Karena di tangan kalianlah estafet kepemimpinan ini dimasa mendatang," ujar Hamsuardi.

Apalagi, katanya  pola pendidikan dahulu dengan sekarang sudah jauh berbeda. Sekarang peserta didik sudah jauh lebih pintar. Hafalan pelajaran juga banyak.

"Malah dalam menghafal Al-Quran mereka juga lebih pintar dibandingkan dengan saya dahulu," ungkapnya.

Adapun jenis lomba yang diperlombakan yakni lomba PBB atau perlombaan peraturan baris berbaris yang akan dinilai oleh TNI/ POLRI dan anggota pramuka. Lomba Pionering atau perlombaan membuat tandu darurat, jembatan darurat, menggunakan tongkat kayu. Lomba pentas seni dan penampilan bakat. Lomba Hasta Karya atau perlombaan membuat kerajinan tangan. Dan lomba jelajah alam, dimana peserta didik harus mengetahui cara penggunaan peta, kompas dan alat navigasi darat lainnya.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update