Kwarran Pramuka Gunung Tuleh Adakan Lomba Tingkat II di Rabi Jonggor
×

Adsense

Adsense Mobile

Kwarran Pramuka Gunung Tuleh Adakan Lomba Tingkat II di Rabi Jonggor

Minggu, 31 Juli 2022 | 10.00 WIB Last Updated 2022-07-31T03:25:31Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Kwarran Pramuka Gunung Tuleh Adakan Lomba Tingkat II di Rabi Jonggor
Kwarran Pramuka Gunung Tuleh Adakan Lomba Tingkat II di Rabi Jonggor. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Setelah kurang lebih dua tahun kegiatan kepramukaan pasif karena pengaruh pandemi Covid-19, dan seiring telah hampir hilangnya pandemi Covid-19 ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka 0317 Pasaman Barat membuat program agar seluruh Pramuka kecamatan se-Pasaman Barat melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat II (LT II), sebagai persiapan Lomba Tingkat III di Kabupaten. 

Menyikapi arahan Kwarcab, Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Gunung Tuleh melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat II di Lapangan Perkemahan Paraman Ampalu Nagari Rabi Jonggor. Kegiatan lomba dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang juga merupakan Ketua Harian Pramuka Kabupaten Pasaman Barat, Agusli.

Kegiatan lomba berlangsung mulai tanggal 29 sampai dengan 31 Juli 2022 dengan melibatkan 22 Sekolah Dasar (SD), 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan masing masing sekolah mengirim 16 peserta yang terdiri dari 8 peserta laki laki dan 8 peserta perempuan. 

Ketua Harian Pramuka Kabupaten Pasaman Barat, Agusli saat upacara pembukaan Lomba Tingkat II Perkemahan Paraman Ampalu Nagari Rabi Jonggor menyampaikan, lembaga pendidikan formal diharapkan dapat membentuk siswa profil pancasila yang cerdas dan berkrakter. Agar cerdas pengetahuan siswa dididik melalui pelajaran kurikuler dan cerdas sikap serta perilaku melalui ekstrakurikuker. 

"Salah satu ekstrakurikuker yang berorientasi untuk pembentukan karakter siswa adalah Pramuka. Seperti tertulis pada Permendikbud no 63 tahun 2014 bahwa kegiatan Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib pada jenjang pendidikan dasar dan menengah," kata Agusli. 

Pada kesempatan tersebut, Agusli juga menyampaikan terima kasih kepada kakak-kakak pembina Pramuka yang telah mengangkat kegiatan dengan semangat yang luar biasa, sehingga kegiatan berjalan sukses dan meriah. Ia yakin bahwa peserta lomba tingkat II ini adalah anggota Pramuka pilihan dari setiap sekolah. 

"Dapat kami pastikan bahwa dengan siswa-siswa aktif di Pramuka akan terbentuk karakter siswa yang disiplin, tegas, tangguh, cakap, tidak loyo, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki banyak keterampilan, suka menolong dan toleransi. Makanya seluruh sekolah harus mengaktifkan kegiatan Pramuka," tegas Agusli. 

Kepada adik-adik Pramuka Agusli menghimbau, untuk mengikuti kegiatan LT II dengan baik serta menjaga kekompakan dan juga kesehatan. 

"Selain itu, Kami juga meminta kepada segenap kakak kakak pembina Pramuka, mari kita didik dan jaga adik-adim kita, InsyaAllah kegiatan Kwarran Gunung Tuleh berjalan sukses dan akan dapat memperoleh prestasi pada Lomba Tingkat III di Kabupaten nantinya," tutup Ketua Harian mengakhiri sambutannya.

Dalam pembukaan LT II tersebut turut hadir Camat Gunung Tuleh Muhammad Ghor, Kasi Kesiswaan Dikbud Samsulbahri, dan seluruh Kepsek SD dan SMP Kecamatan Gunung Tuleh serta kakak-kakak pembina Pramuka.

(dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update