Senator Fernando Sinaga Apresiasi Dukungan Politik Ketua DPD RI kepada Apersi
×

Adsense

Adsense Mobile

Senator Fernando Sinaga Apresiasi Dukungan Politik Ketua DPD RI kepada Apersi

Rabu, 27 Juli 2022 | 12.00 WIB Last Updated 2022-07-27T05:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Fernando Sinaga
Fernando Sinaga. (f/dpd)

Medan, Mjnews.id - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menegaskan pemenuhan kebutuhan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat sudah diamanatkan dalam Konstitusi. 

Menurutnya, rumah adalah salah satu kebutuhan dasar, selain pangan dan sandang. Terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Senator DPD RI yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Jawa Timur ini menegaskan perlunya response policy mulai dari sekarang, sehingga bangsa ini dapat mewujudkan amanat Konstitusi untuk memastikan rakyat Indonesia mampu mengakses hak–haknya untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Ketua DPD RI menyampaikan hal ini saat memberi sambutan secara virtual di Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), di Medan, Sumatera Utara, Selasa (26/7/2022) lalu.

Wakil Ketua Komite I DPD RI yang juga Anggota Dewan Pertimbangan DPP Apersi, Fernando Sinaga mengapresiasi pidato berupa dukungan politik Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti kepada Apersi.

“Kehadiran beliau dan pernyataan beliau sebagai Ketua DPD RI di Rakernas Apersi merupakan dukungan politik bagi kami untuk memperkuat kolaborasi politik diantara asosiasi, pemerintah dan stakeholders lainnya dalam mewujudkan rumah layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sesuai amanat konstitusi”, tegas Fernando. 

Menurutnya, pernyataan politik Ketua DPD RI ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah terutama Kemenkeu, Kemendes PDTT dan Kementerian PUPR untuk menyiapkan kebijakan yang berkelanjutan mendukung rumah layak huni bagi MBR. 

“Rumah layak huni dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) merupakan permasalahan yang hingga kini belum dapat diatasi secara tuntas. Kemenkeu harus memastikan dukungan APBN berupa pengalokasian anggaran untuk penyediaan rumah tersebut. Dibutuhkan dukungan Kemendes PDTT dalam pembangunan MBR di wilayah transmigrasi terutama terkait ijin. Kementerian PUPR sudah sangat baik kinerjanya selama ini dalam mendukung pembangunan rumah untuk MBR”, ungkap Fernando. 

Senada dengan Ketua DPD RI, Fernando Sinaga yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Utara ini menambahkan tema Rakernas Apersi yaitu “Rumahku Masa Depan Negeriku” sesungguhnya ingin mempertegas bahwa pemenuhan rumah layak huni bagi MBR butuh dukungan kebijakan politik dari pemerintah.

(dpd/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update