Teror KKB Meningkat, TNI/Polri Gelar Rapat Khusus
×

Adsense

Adsense Mobile

Teror KKB Meningkat, TNI/Polri Gelar Rapat Khusus

Senin, 25 Juli 2022 | 00.00 WIB Last Updated 2022-07-25T04:30:27Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Irjen Mathius D Fakhiri bersama Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa
Kapolda Papua, Irjen Mathius D. Fakhiri bersama Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. (f/arsyad manan)

Jayapura, Mjnews.id - Meningkatnya kasus kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata(KKB) di Papua, Polda Papua menggelar rapat bersama dengan Komando gabungan wilayah pertahanan (Kogabwilham) III, Sabtu (23/7/2022).

Rapat yang digelar di Ruang Rastasamara Mapolda Papua dan digelar secara tertutup tersebut membahas langkah srategis yang akan diambil untuk menekan jumlah kekerasan KKB khususnya di wikayah Nduga dan Pegunungan Bintang, Papua.

“Hari ini kita menggelar rapat koordinasi bersama jajaran TNI dan Kogabwilham tiga dalam menyiapkan langkah tindak yang bisa lebih tepat sasaran dengan berbagai pertimbangan teknis, taktis terhadap anggota di lapangan,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, usai rapat, Sabtu (23/7/2022).

Kapolda mengaku dalam menyikapi meningkatnya teror KKB di Papua dalam sebulan terakhir, pihaknya dan TNI belum akan merubah pola penanganan.

“Pola penanganannya masih sama, hanya saja akan lebih ekstra, akan lebih ditingkatkan, khususnya sinergitas kita dilapangan harus lebih solid. muda-mudahan tepat sasaran,” ujar Kapolda.

Kapolda juga berharap warga sipil yang berada di daerah Pegunungan Papua agar lebih waspada lagi dalam menjalankan aktivitasnya.

“Kami juga mengingatkan masyarakat untuk tidak berpergian keluar ke zona yang kemungkinan besar mendapat gangguan. Kita memang mencari makan, tapi ingat sekali lagi nyawa tidak ada cadangannya, sehingga tidak perlu ke area- area yang tidak ada pengawasan aparat keamanan,” harap Irjen Fakhiri.

Kepada personil TNI/Polri yang bertugas dilapangan, Kapolda meminta agar makin meningkatkan kewaspadaan saat mrnjalankan tugas.

“Saya bersama pangdam sudah meminta aparat di lapangan untuk meningkatkan kewaspadaan. Jalankan SOP dengan baik dan harus selalu waspada,” tutup Kapolda.

Panglima Kodam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan dalam penanganan KKB di Papua, pihaknya siap mendukung penuh Polda Papua.

“Yang terpenting adalah komunikasi dan sinergitas personel di lapangan antar prajurit TNI dengan Polri. Penegakan hukum adalah yang prioritas dan kami akan berikan dukungan penuh kepada Polri karena apapun wilayah Papua sama dengan yang lain,” ujar Mayjen Teguh, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Pangdam apa yang dilakukan KKB selama ini tak bisa dibenarkan dengan alasan apapun, sebab tindakan itu sangat tidak patut dan tidak layak.

“Tindakan mereka (KKB) sangat tidak manusiawi dan kami saat ini bersinergi untuk terus lakukan upaya-upaya penegakan hukum terhadap mereka,” tutup Pangdam.

(asm)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update