BULD DPD RI Dorong Harmonisasi Legislasi Pusat dan Daerah
×

Adsense

Adsense Mobile

BULD DPD RI Dorong Harmonisasi Legislasi Pusat dan Daerah

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12.30 WIB Last Updated 2022-08-25T08:57:48Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Stefanus BAN Liow saat Rapat Pleno ke-2 BULD DPD RI
Ketua BULD DPD RI, Stefanus BAN Liow saat Rapat Pleno ke-2 di Ruang Mataram Gedung B Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (25/8/2022). (f/dpd)

JAKARTA, Mjnews.id - Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI hadir untuk mendorong pembentukan produk hukum daerah dalam kerangka harmonisasi legislasi pusat dan daerah. Karena sesuai amanat Undang-Undang tentang MPR, DPR dan DPD (MD3) dan Tata Tertib DPD RI, dimana BULD memiliki tugas melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap Ranperda dan Perda. 

Hal ini disampaikan Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP ketika memimpin Rapat Pleno Ke-2 yang berlangsung di Ruang Mataram Gedung B Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (24/8/2022). 

Senator Stefanus Liow menegaskan, bahwa sebagai wakil daerah dalam pertanggungjawaban moral dan politik, kehadiran BULD sebagai alat kelengkapan DPD RI adalah untuk menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah di pusat dalam wadah NKRI. 

Senator Stefanus Liow bersama tiga Wakil Ketua BULD DPR RI masing-masing H. Ahmad Kanedi, SH, MH, KH. Amang Syafrudin, Lc,MA dan H. Abdurrahman Abubakar Bahmid, Lc memimpin rapat pleno dengan menetapkan program kerja tahun sidang 2022-2023, prioritas kegiatan dan jadwal Masa Sidang I Tahun 2022. 

Dalam rapat pleno tersebut, sejumlah Senator dari berbagai daerah menyampaikan pandangan dan pendapat, seperti Anna Latuconsina, SH (Maluku), Dr. Mangku Pastika, MM (Bali), Jialyka Maharani (Sumatera Selatan), Mamberob Yosephus Rumakiek, S.Si,M.Kesos (Papua Barat) dan H. Lalu Suhaimi Ismy (NTB). 

Sementara itu, Wakil Ketua I BULD DPD RI H. Akhmad Kanedi, SH,MH mengatakan bahwa katena sangat banyak produk hukum daerah, BULD menyepakati jika pada Tahun Sidang 2022-2023 akan memfokuskan pada hasil pemantauan evaluasi terhadap Ranperda terkait pajak daerah dan retribusi, hasil evaluasi dan pemantauan Perda terkait kesehatan dan pajak, serta menindaklanjuti rekomendasi hasil pemantauan dan evaluasi dengan mengundang pihak-pihak terkait seperti pemerintah dan pemerintah daerah. 

Mengakhiri rapat pleno diserahkan buku dari Pimpinan BULD Tahun Sidang 2021-2022 diwakili Wakil Ketua H. Husain Alting Sjah, SE, MM (Maluku Utara) kepada Pimpinan BULD Tahun Sidang 2022-2023.

(ars/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



×
Berita Terbaru Update