Wagub Sumbar bersama Pemkab Pasbar Tinjau Akses Jalan Pelabuhan Teluk Tapang
×

Adsense

Adsense Mobile

Wagub Sumbar bersama Pemkab Pasbar Tinjau Akses Jalan Pelabuhan Teluk Tapang

Minggu, 25 September 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-09-25T12:25:45Z

Advertisement

Advertisement

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan peninjauan Proyek Strategis Nasional pembangunan akses jalan Pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Sabtu (24/9/2022). 

Sebelum melakukan peninjauan jalan, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joynaldi beserta rombongan yang didampingi oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Sekretaris Daerah Hendra Putra dan stakeholder terkait lainnya, mengunjungi nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Air Bangis, meresmikan Gedung Kantor UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah II Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar, dan menghadiri Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama Nelayan.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sumbar dan rombongan meninjau akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang. Dalam peninjauan tersebut, Wagub Sumbar Audy Joynaldi mengatakan bahwa pembangunan akses jalan dan jembatan di lokasi itu memiliki peran yang penting untuk membangun konektivitas antar-wilayah di Sumbar dalam rangka memperlancar distribusi logistik terutama untuk Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu, akan diupayakan pembangunannya sesegera mungkin.

"Pembangunan infrastruktur jalan menuju Teluk Tapang ini akan dibangun melalui dana APBN," ucap Audy Joynaldi. 

Ia juga mengatakan, bahwa terdapat beberapa komitmen yang harus di penuhi Pemprov Sumbar diantaranya, pembangunan empat jembatan penghubung menuju Pelabuhan Teluk Tapang yang telah masuk dalam anggaran provinsi dengan total lebih kurang 50 miliar rupiah. Dan empat pembangunan jembatan tersebut harus direalisasikan sebelum tahun 2024. 

"Besok saya akan rapatkan langsung dengan tim dari provinsi agar dipercepat pembangunannya ditahun 2023, diangsur pembangunannya sehingga akses jalan ini semakin baik," ungkap Audy Joynaldi. 

Wakil Gubernur Sumbar berharap, Pelabuhan Teluk Tapang dapat menjadi ujung tombak Sumatera Barat untuk menggerakkan pertumbuhan perekonomian Sumbar khususnya di Pasaman Barat. 

Sementara itu, Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi TPI Air Bangis dan pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang.

Dikatakannya bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya dan mendukung agar pembangunan jalan serta jembatan menuju pelabuhan kebanggaan Pasbar tersebut segera terealisasi.

Bupati Hamsuardi menjelaskan, anggaran pembangunan jalan berasal dari APBN dan pembangunan jembatan berasal dari dana Provinsi Sumatera Barat. 

Diakhir kunjungan tersebut, Tim Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan temu ramah dengan masyarakat yang tinggal di Pulau Panjang.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update