Aktualisasikan Restorative Justice, Polres Dharmasraya Selesaikan Tindak Pidana dengan Perdamaian
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Aktualisasikan Restorative Justice, Polres Dharmasraya Selesaikan Tindak Pidana dengan Perdamaian

Selasa, 11 Oktober 2022 | 21.10 WIB Last Updated 2022-10-11T14:20:27Z

Advertisement

Advertisement

Polres Dharmasraya Selesaikan Tindak Pidana dengan Perdamaian
Polres Dharmasraya Selesaikan Tindak Pidana dengan Perdamaian. (f/eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id - Untuk menyelesaikan masalah tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratif, pada Jumat 30 September 2022 lalu, Anggota Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Dharmasraya telah melaksanakan aktualisasi Perpol Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Sebagai bentuk aktualisasi Perpol melalui fungsi Reskrim berhasil melaksanakan penanganan tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Dharmasraya sehingga terjadi perdamaian dari kedua belah pihak dengan serangkaian kegiatan berdasarkan SOP yang telah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah melalui Kasat Reskrim, IPTU Dwi Angga Prasetyo, yang ditemui awak media pada Selasa (11 Oktober 2022) membenarkan dilaksanakannya kegiatan tersebut

"Betul, kami dari satuan Reskim Polres Dharmasraya telah melakukan pelaksanaan kegiatan, aktualisasi Perpol Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif, sebagai bentuk aktualisasi Perpol melalui fungsi Reskrim berhasil melaksanakan penanganan tindak pidana penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Dharmasraya," kata IPTU Dwi Angga Prasetyo.

Terhadap kedua belah pihak, sepakat menyelesaikan permasalahan yang dilaporkan melalui perdamaian sehingga dilaksanakan gelar perkara khusus tersebut, yang dipimpin Wakapolres Dharmasraya, Kompol Alwi Haskar, dengan melengkapi administrasi dalam penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratif, yang dilaksanakan pada Jumat 30 September 2022 lalu.

Kegiatan ini berdasarkan melalui petunjuk pimpinan dalam aktualisasi Perpol 8/2021 perlu didukung fasilitas penunjang berupa ruangan yang sesuai dalam melaksanakan mediasi antara pihak pelapor dan terlapor.

Satuan Reskrim Polres Dharmasraya merealisasikan hal tersebut berkat dukungan dan doa dari berbagai pihak akhirnya dapat diselesaikan ruangan dengan nama "Ruang Restorative Justice Satryo Pambudi Luhur Polres Dharmasraya".

Dengan adanya ruangan tersebut dapat menunjang pelaksanaan kegiatan dengan fasilitas pendukung guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Aktualisasi Perpol 8/2021 perlu dilaksanakan dalam mencapai keadilan restoratif karena hukum merupakan sarana terakhir dalam penyelesaian masalah yang terjadi. Dengan adanya "Ruang Restorative Justice Satryo Pambudi Luhur Polres Dharmasraya" diharapkan dapat menjadi sarana serta menjembatani setiap masalah tersebut dalam mencapai keadilan restoratif," Ucap Kasat Reskrim Polres Dharmasraya, IPTU Dwi Angga Prasetyo.

(eko)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update