Dandim 0708 Kukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika SMAN 2 Purworejo
×

Adsense

Adsense Mobile

Dandim 0708 Kukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika SMAN 2 Purworejo

Jumat, 07 Oktober 2022 | 11.00 WIB Last Updated 2022-10-07T05:33:02Z

Advertisement

Advertisement

Lukman Hakim Kukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika SMAN 2 Purworejo
Dandim 0708, Letkol Inf. Lukman Hakim Kukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika SMAN 2 Purworejo. (f/m.taufik)

Purworejo, MJNews.id - Dalam mempersiapkan generasi muda dalam melanjutkan perjuangan bangsa yang berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka, Dandim 0708/Purworejo bersama SMA Negeri 2 Purworejo menggelar kegiatan pelantikan dan pengukuhan pramuka Saka Wira Kartika Gugus SMA Negeri (SMAN) 2 Purworejo di lapangan upacara SMA setempat, Jumat (7/10/2022).

Dalam sambutannya, Dandim 0708 Letkol Infanteri Lukman Hakim, S.Sos., M.Si mengatakan, merasa bangga dengan semua anggota Pramuka saka Wira Kartika yang dengan penuh semangat mengikuti upacara pengukuhan dan pelantikan di SMA Negeri 2 Purworejo.
 
Lebih lanjut Dandim menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan generasi muda di masa mendatang agar tumbuh jiwa nasionalisme yang kuat, karena masa depan bangsa dan negara ada di pundak generasi muda. 

Sekolah ini menyiapkan anak didiknya untuk membangun diri sesuai bakat dan karakter masing masing. Oleh karena itu dibutuhkan karakter dan kemampuan untuk menghadapi masa depan. Pramuka adalah organisasi untuk mengembangkan bakat dan minat karena di dalam pramuka anak anak akan belajar berorganisasi.

Lanjutnya, dalam berorganisasi anak anak akan belajar untuk menjadi pemimpin dan juga akan belajar untuk dipimpin. Kita contohkan dalam kegiatam hari ini kalian diajarkan untuk patuh dan taat terhadap pimpinan, di situlah anak-anak di ajarkan loyal terhadap pimpinan.

"Seseorang yang mempunyai jiwa patriotisme dan loyal terhadap perintah harus kita tanamkan di jiwa kalian semua," ujar Dandim. 

"Kalian harus siap untuk diperintah dan diberikan instruksi dari siapa saja dan kapan saja. Dalam pramuka anak anak juga dapat mengamalkan sila ke 4 pancasila dalam pengambilan keputusan dimana keputusan diambil secara musyawarah mufakat," lanjutnya lagi.

Ditemui usai pengukuhan, Kepala SMA Negeri 2 Purworejo, Dra Fitarini, M.Si menyampaikan, sekolah kami berkomitmen dalam menyiapkan anak anak yang berkarakter, Pancasilais, dan siap menghadapi tantangan jaman. Oleh karena itu perlu disiapkan karakter yang baik dan melalui bimbingan yang terstruktur. Melalui TNI diharapkan siswa didik bisa akan bisa meniru jiwa patriotisme dan loyalitas serta disiplin ilmu yang baik.

Sementara Komandan Koramil 05, Kapten Chb Stefanus Sunarno melalui Pelda Sutarman selaku pembimbing kegiatan menjelaskan bahwa siswa siswi di SMA Negeri 2 kita bekali dengan kegiatan kemampuan dasar kepemimpinan dan karakter dalam pengamalan Pancasila dan Undang undang Dasar secara benar, sehingga kedepan bisa menjadi modal dasar dalam kehidupan para siswa.

(Fix)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update