Mendagri: IKN akan Berikan Manfaat bagi Seluruh Rakyat Indonesia
×

Adsense

Adsense Mobile

Mendagri: IKN akan Berikan Manfaat bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Jumat, 14 Oktober 2022 | 13.00 WIB Last Updated 2022-10-14T09:32:25Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Muhammad Tito Karnavian dalam Rakernas Masyarakat Adat Dayak Nasional 1 Tahun 2022
Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam Rakernas Masyarakat Adat Dayak Nasional 1 Tahun 2022 di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/10/2022). (f/kemendagri)

Balikpapan, Mjnews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan, pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN ke Kalimantan Timur akan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia, lebih khusus masyarakat adat dayak.

Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) 1 Tahun 2022 di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/10/2022).

Dalam forum itu, Mendagri mengatakan, pemidahan IKN tak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat di Pulau Kalimantan saja, namun dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

"Bapak Presiden ingin agar ada paradigma Indonesia sentris, tidak Jawa sentris. Selama ini fokus pembangunan banyak di Jawa, tapi mulai (kepemimpinan) Bapak Presiden Jokowi sudah banyak sekali pembangunan, investasi sekarang lebih banyak di luar Jawa dibandingkan di Jawa," kata Mendagri.

Mendagri menuturkan, orientasi Indonesia sentris juga merupakan bagian dari perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Sementara itu, dari segi lokasi, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur kian menegaskan posisi Ibu Kotanya yang lebih kurang terletak di tengah Indonesia. Dengan begitu, posisi ini diyakini akan memudahkan akses dan mobilitas masyarakat dari berbagai pulau.

"Jarak penerbangan ini akan memudahkan, cukup 3,5 jam juga dari Timur (Indonesia Timur), dan otomatis ini juga akan memberikan keuntungan, bukan hanya bagi masyarakat Kalimantan tapi juga seluruh masyarakat di Indonesia karena (IKN) letaknya di tengah," ujarnya.

Mendagri menuturkan, keputusan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur merupakan keputusan strategis. Dengan demikian, berbicara soal pemindahan IKN bukan hanya bicara soal kepentingan masyarakat adat Dayak dan masyarakat di Kalimantan, tetapi melibatkan kepentingan seluruh masyarakat Indonesia.

"Ini dampaknya bukan hanya 2 tahun, 10, 20 tahun, tidak. Ini kita bicara nanti Ibu kota dipindah ke sini (Kalimantan Timur), kita bicara soal Indonesia," cetusnya.

Oleh karenanya, Mendagri menegaskan, perlu dukungan semua pihak untuk memastikan agar program pemindahan IKN berjalan lancar. "IKN ini yang pertama adalah dukungan moril, itu nomor satu, moral support," pungkasnya. 

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update