Pacu Kuda Open Race dan Tradisional Tanah Datar 2022 Dimulai
×

Adsense

Adsense Mobile

Pacu Kuda Open Race dan Tradisional Tanah Datar 2022 Dimulai

Minggu, 16 Oktober 2022 | 14.00 WIB Last Updated 2022-10-16T09:33:43Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Pacu Kuda Open Race dan Tradisional Tanah Datar 2022
Pembukaan Pacu Kuda Open Race dan Tradisional Tanah Datar 2022. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id - Diawali dengan penyerahan gelanggang oleh niniak mamak tiga nagari, yakni Nagari Baringin, Saruaso dan Pagaruyung kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan penyerahan bendera Pordasi dari panitia pelaksana kepada Bupati Tanah Datar dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Pordasi Sumbar, Alek anak nagari pacu kuda Open Race dan Tradisional tahun 2022 di kabupaten Tanah Datar, yang digelar di lapangan pacu kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Minggu (16/10/2022) dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno selaku ketua panitia alek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Tanah Datar dan juga para niniak mamak di tiga nagari yang telah mendukung penuh pelaksanaan alek anak nagari ini. 

Letkol Czi Sutrisno juga berharap agar pelaksanaan alek ini mampu semakin menumbuhkan adat kebudayaan masyarakat minangkabau khususnya Tanah Datar. 

Sementara Ketua Pordasi Sumbar Deri Asta yang juga menjabat sebagai Walikota Sawahlunto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Tanah Datar yang selama ini tetap berkomitmen mendukung alek pacu kuda di Sumatera Barat. 

"Saya atas nama masyarakat berkuda Sumatera Barat berterima kasih kepada Pemda Tanah Datar yang telah melaksanakan alek pacu kuda ini, ini merupakan alek yang selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat pecinta pacu kuda di Sumatera Barat," ujar Deri Asta. 

Selaku ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta juga menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan evaluasi untuk menertibkan alek pacu kuda di Sumatera Barat. 

"Pordasi Sumbar akan terus berbenah agar alek pacu kuda semakin tertib dan pelaksanaannya semakin baik. Dari itu untuk menunjukkan keseriusannya, Pordasi juga akan melakukan verifikasi sekaligus sertifikasi kepada para joki dan pelatih kuda yang ada di Sumbar," jelasnya. 

Di akhir sambutannya, Deri Asta juga memohon dukungan kepada seluruh Pemda se Sumatera Barat, agar ke depan olahraga pacu kuda di Sumatera Barat terus berkembang. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya saat membuka alek nagari pacu kuda open race dan tradisional tahun 2022 di Tanah Datar merasa bangga sekaligus bahagia, karena penantian masyarakat Tanah Datar hari ini terpenuhi setelah selama dua tahun alek pacu kuda ini tidak dilaksanakan akibat pandemi. 

Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh dari para niniak mamak khususnya niniak mamak nagari Baringin, Saruaso dan Pagaruyung. 

"Alhamdulillah, Atas dukungan para niniak mamak alek anak nagari pacu kuda di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak ini dapat terlaksana. Saya berharap kita selalu kompak dan bersatu, mari kita siapkan alek pacu kuda untuk tahun-tahun berikutnya secara bersama," ajak Eka Putra diakhir arahannya. 

Perlu diketahui bersama pada alek anak nagari pacu kuda open race dan tradisional tahun 2022 di kabupaten Tanah Datar ini akan diikuti sebanyak 46 ekor kuda dengan kelompok pacuan sebanyak 12 race. 

Di kesempatan itu juga diserahkan bantuan dari Bank Nagari kepada panitia alek anak nagari pacu kuda Open Race dan Tradisional tahun 2022 sebesar 55 juta rupiah, yang diberikan oleh Pmpinan Divisi Kepatuhan Bank Nagari Sumbar Andria Eka Putra kepada ketua panitia Letkol Czi Sutrisno. 

Hadir pada acara pembukaan tersebut anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano dan Jefri Masrul, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Forkopimda Tanah Datar, Ketua Pordasi Sumbar Deri Asta dan Ketua Pordasi Riau, Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianto, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Kepala Cabang Bank Nagari se Sumatera Barat, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Asisten Ekobang Abdul Hakim, Kepala OPD, angku-angku, niniak mamak, cadiak pandai, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan undangan lainnya.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update