Koto Balingka Jadi Tuan Rumah, MTQ Nasional XI Pasbar Resmi Dimulai
×

Adsense

Adsense Mobile

Koto Balingka Jadi Tuan Rumah, MTQ Nasional XI Pasbar Resmi Dimulai

Selasa, 22 November 2022 | 22.00 WIB Last Updated 2022-11-22T15:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

MTQ Nasional XI Pasbar Resmi Dimulai
MTQ Nasional XI Pasbar Resmi Dimulai. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat, resmi dibuka di Kecamatan Koto Balingka, Selasa (22/11/2022). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, didampingi Wakil Bupati Risnawanto dan Sekretaris Daerah Hendra Putra, yang ditandai dengan pemukulan Bedug serentak di panggung utama kegiatan.

Tahun ini Kecamatan Koto Balingka dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat, dan untuk tahun mendatang Kecamatan Kinali ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Kakan Kemenag Muhammad Nur, Forkopimda Pasbar, OPD dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh kafilah dari 11 kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat, yang telah siap berkompetisi untuk menjadi qori'-qoriah', hafidz - hafidzah terbaik tingkat kabupaten.

"Selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh kafilah-kafilah terbaik kami pada MTQ tingkat kabupaten. Untuk selanjutnya terbaik tingkat kabupaten ini akan mewakili Kabupaten Pasaman Barat di tingkat Provinsi Sumatera Barat," ungkap Bupati Hamsuardi.

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Bupati Hamsuardi menyebutkan akan berusaha semaksimal mungkin untuk berbuat yang lebih baik, dan telah berusaha membuat terobosan-terobosan baru, seperti Program Magrib Mengaji, mendirikan rumah tahfidz, Tahfizd Al-Qur'an bagi siswa tingkat SD dan SMP, dan lainnya.

"Mendidik anak tidak hanya ketika ia dewasa, tetapi sejak bayi bahkan sejak dalam kandungan perlu diarahkan, dibina dan diperhatikan dengan baik, salah satunya dengan memperbanyak baca Al-Qur'an, sehingga akan lahir para Qori dan Qori'ah seperti yang kita saksikan pada kegiatan hari ini," katanya.

Saat ini lanjutnya, Pemda telah membentuk Da'i Nagari, dan juga Penyuluh Agama dari Kementerian Agama. Peran dan fungsinya sangatlah penting,  mengajari dan mendidik anak-anak untuk pandai membaca Al-Qur'an, yang saat ini akan dilombakan.

"Melalui acara MTQ ini, kami mengajak kita semua untuk berfikir secara jernih, menatap jauh ke depan. Semua kebijakan Visi dan Misi kami, rasanya sangatlah mulia. Kita punya keinginan, agar generasi kita menjadi baik, beriman, berilmu, sejahtera dunia dan akhirat, keinginan kami bukan hanya sekedar untuk menjadikan masyarakat Pasaman Barat menjadi sejahtera dalam masalah ekonomi, namun sukses dunia dan akhirat," tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh kafilah untuk tampil dengan maksimal, berlomba dengan sportif, niat ikhlas, dan memberikan yang terbaik.

Sementara itu, Kakan Kemenag Muhammad Nur mengatakan bahwa selama 3 hari ini di Koto Balingka bergema Al-Qur'an. Karena 508 lebih kafilah akan membaca Al-Qur'an, sehingga bumi Koto Balingka ini akan memiliki molekul baik.

"Karena bacaan Al-Qur'an itu mampu membuat molekul eksagonal sehingga bagus untuk kesehatan kita, ya seperti air zam-zam," kata Muhammad Nur. 

Melalui ajang MTQ ini, katanya ada peningkatan tentang membaca Al-Qur'an. Bukan hanya tentang lomba saja, namun tengang memaknai Al-Qur'an.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Koto Balingka Bahrul Ilmi. Sebagai tuan rumah pihaknya telah mempersiapkan kegiatan itu dengan maksimal. Sekitar 508 kafilah akan bertanding di 10 cabang lomba.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update