Mahfud MD Sebut Pemerintah Ikut Bersemangat dan Dukung R20
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Mahfud MD Sebut Pemerintah Ikut Bersemangat dan Dukung R20

Rabu, 02 November 2022 | 14.00 WIB Last Updated 2022-11-02T07:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Mahfud MD bersama Erick Thohir berikan keterangan pers R20
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD bersama Menteri BUMN Erick Thohir berikan keterangan pers setelah acara pembukaan R20 di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Rabu 2 November 2022. (f/bumn)

Nusa Dua, Mjnews.id - Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD menyebut Pemerintah ikut bersemangat dan mendukung forum Religion of Twenty (R20) yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Liga Dunia Muslim atau Muslim World League (MWL).

Namun, lanjut Mahfud, karena kesibukan persiapan pelaksanaan G20 yang tinggal beberapa hari ini, Presiden Joko Widodo secara mendadak tidak bisa hadir dalam pembukaan R20.

"Saya tahu Pak Presiden sudah lama merencanakan hadir di sini, tapi sebagai tuan rumah G20 beliau tiba-tiba selalu ada acara dan kegiatan yang menyebabkan agenda yang direncanakan seperti ini tidak jadi," kata Mahfud setelah acara pembukaan R20 di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Rabu 2 November 2022.

Meski Presiden tidak hadir secara fisik, Mahfud menegaskan bahwa sambutan Presiden yang disampaikan secara virtual merupakan sambutan resmi.

"(Sambutan Presiden) itu atas nama pemerintah untuk acara ini," kata Mahfud.

Mahfud mengaku bersyukur dan bangga karena Indonesia memiliki organisasi Islam terbesar di dunia, Nahdlatul Ulama, yang mengambil inisiatif untuk mengadakan forum R20 yang membicarakan perdamaian antaragama.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini pun berharap forum ini bisa memunculkan kesatuan kemanusiaan. 

“Bahwa apa pun agamanya, seperti apa pun rasnya, di mana pun tempatnya manusia itu harus bersaudara membangun kemajuan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku ditugaskan oleh Pemerintah untuk mendukung pelaksanaan forum R20. Sebelumnya, BUMN juga mendukung pelaksanaan Music Twenty (M20). Baik R20 maupun M20 adalah dua agenda besar Indonesia menjelang pelaksanaan G20. 

 "Kita (pemerintah) ingin memastikan pelaksanaan G20 ini tidak hanya bicara pemerintah dan pemerintah, tokoh dan tokoh dari kepemimpinan nasional, tetapi melibatkan masyarakat kepada masyarakat," katanya.

Yang menjadi kebanggaan, Erick melanjutkan, tidak ada negara lain G20 sebelum Indonesia yang melaksanakan Religion Twenty dan Music Twenty. Oleh karena itu, ia akan terus mendorong inisiatif yang digagas dari Indonesia ini bisa terus terlaksana di setiap event G20 selanjutnya.

Ratusan Delegasi dari berbagai Negara ini akan berada di Bali hingga tanggal 3 November 2022. Kemudian sebagai bagian dari rangkaian R20, delegasi akan diterbangkan ke Jogjakarta pada 4 November 2022 untuk mengunjungi ke sejumlah tempat, diantaranya ke Candi Prambanan dan Borobudur.

Sejumlah pejabat Negara mengahadiri pembukaan forum Religion of Twenty (R20) pada Rabu (2/11/2022) pagi. Terpantau hadir pada acara forum pemuka-pemuka agama dunia ini Menko PMK Muhajir Efendy, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Forum R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022, diikuti 264 partisipan dari 32 negara.

Ratusan Delegasi dari berbagai negara ini akan berada di Bali hingga tanggal 3 November 2022. Kemudian sebagai bagian dari rangkaian R20, delegasi akan diterbangkan ke Yogyakarta pada 4 November 2022 untuk mengunjungi sejumlah tempat, di antaranya Candi Prambanan dan Borobudur.

Diketahui, Forum Agama G20 atau R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Total negara yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20 mencapai 32 negara dengan 464 partisipan. Forum tersebut menghadirkan 40 pembicara dari lima benua.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update