Wabup Tanah Datar Buka Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Sawah Tapi Cubadak

Richi Aprian buka Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Sawah Tapi Cubadak
Wabup Tanah Datar, Richi Aprian buka Alek Anak Nagari Pacu Jawi di Sawah Tapi Cubadak. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id – Alek anak nagari Pacu Jawi harus terus dilestarikan dan dikembangkan, karena melalui event ini kita bisa mengenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat luas. 

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH saat membuka alek anak nagari Pacu Jawi di Sawah Tapi Jorong Cubadak, Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (19/11/2022).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dikatakan Wabup Richi, Pemerintah Daerah Tanah Datar akan terus mensuport kegiatan seperti ini agar ke depannya panitia alek bisa melaksanakan alek lebih baik dan lebih meriah lagi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. 

“Ini juga salah satu upaya kita dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Tanah Datar, untuk itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat mari kita bersama-sama menghadirkan suasana aman, nyaman dan menjaga kebersihan lingkungan agar pengunjung senantiasa senang berada disini,” pungkasnya. 

Baca Juga  LKAAM Punya Peran Penting Percepat Pembangunan Padang Pariaman

Semwntara Ketua Porwi Tanah Datar yang juga sebagai ketua LKAAM Tanah Datar H. Aresno Dt. Indomo menyampaikan bahwa alek anak nagari Pacu Jawi yang dilaksanakan di nagari Cubadak ini adalah putaran yang ke XI di tahun 2022 ini. 

Dia juga mengatakan saat ini gelaran alek Pacu Jawi bukan lagi sekedar permainan anak nagari, namun sudah berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas hingga mancanegara. 

“Untuk itu mari kita bersama-sama se ayun selangkah untuk terus memajukan kegiatan ini sebagai kebanggaan kita sekaligus untuk meningkatkan kembali ekonomi masyarakat pasca pandemi covid. Ayo kita jaga kekompakan dan terus pererat rasa kebersamaan kita untuk kemajuan bersama,” ajaknya. 

Sementara sebelumnya Wali Nagari Cubadak Asrizalis dikesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung dan mensukseskan alek Pacu Jawi di Nagari Cubadak ini, terutama kepada para niniak mamak, tokoh masyarakat dan juga pemuda nagari. 

Baca Juga  Wabup Richi Berharap Rumah Kemasan di Lima Kaum Dirasakan Manfaatnya oleh Pelaku UMKM

Dikatakannya, alek pacu jawi ini juga merupakan rangkaian kegiatan Festival Pesona Minangkabau (FPM) yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung.

Dia juga berharap pelaksanaan alek anak nagari Pacu Jawi yang akan digelar selama 3 (tiga) minggu ke depan disetiap hari Sabtu ini berjalan aman dan lancar sampai akhir. 

Pada pembukaan alek anak nagari pacu jawi tersebut juga hadir Camat Lima Kaum Irwan beserta Forkompimca kecamatan Lima Kaum, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

(prokopim)