DKP Sumbar Beri Bantuan 40.500 Bibit Ikan untuk Batang Aek Sontang Pasbar

Bantuan Bibit Ikan untuk Batang Aek Sontang

Pasbar, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat menerima bantuan 40.500 bibit ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa (13/12/2022).

Bantuan bibit ikan tersebut dalam rangka restocking perairan umum di Batang Aek Sontang, Simpang Godang, Kecamatan Sungai Aur. Selain itu juga untuk melestarikan dan memulihkan kembali populasi ikan endemik atau ikan asli perairan umum Batang Aek Sontang.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

40.500 Bantuan bibit ikan yang berasal dari APBD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat tersebut ditebarkan di Batang Aek Sontang, Selasa (13/12/2022) dengan rincian ikan gariang 5.000 ekor, ikan nilem 25.000 ekor dan ikan bauang 10.500 ekor.

Baca Juga  Bupati Pasbar Serahkan Becak Motor Kepada Penyandang Disabilitas

Terkait penyerahan bantuan tersebut, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi melalui Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus meminta masyarakat untuk menjaga dan memelihara bantuan bibit ikan di perairan Batang Aek Sontang itu. Ia juga meminta masyarakat untuk kembali membumikan ikan gariang di Simpang Godang.

“Karena dulu banyak ikan gariang di Batang Aek Sontang, Simpang Godang ini, jadi harus dijaga dan dipelihara serta tidak boleh ditangkap dengan racun atau setrum,” jelas Zulfi Agus.

Baca Juga  Kader Posyandu Mawar IV Nagari Sinuruik Juara 2 Lomba Kader Posyandu Tingkat Provinsi

Ia juga berharap kedepan Batang Aek Sontang, Simpang Godang kembali dipenuhi ikan-ikan asli perairan.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir dalam penyerahan bibit ikan, Kepala Bidang Penataan Ruang Laut dan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, camat, wali nagari dan wali jorong setempat.

(wal)