Pemkab Pasbar Tandatangani MoU Kerja Sama Jaminan Kesehatan Semesta

Jaminan-Kesehatan-Semesta
Pemkab Pasbar Tandatangani MoU Kerja Sama Jaminan Kesehatan Semesta dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Bukittinggi di ruangan bupati setempat, Rabu (21/12/2022). (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Seiring dengan berlakunya Universal Health Coverage (UHC) di seluruh Indonesia, pelayanan kesehatan masyarakat (jaminan kesehatan semesta) menjadi hal utama dalam agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar).

Keseriusan itu terbukti dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama UHC bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Bukittinggi di ruangan bupati setempat, Rabu (21/12/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda, tandatangani MoU bersama Kepala Dinas Sosial Hermanto dan Kepala BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi, Henny Nursanti.

Bupati Hamsuardi mengatakan bahwa seluruh warga Pasaman Barat yang ber-KTP Pasbar, mulai 1 Januari mendatang gratis berobat. Ia mengungkapkan, anggaran pelayanan UHC tersebut tersedia sebanyak Rp 44 miliar lebih, dan akan bertambah pada anggaran perubahan sebanyak Rp 13 miliar.

Baca Juga  Wabup Risnawanto Pantau Pelaksanaan Berobat Gratis di RSUD Pasbar

“MoU yang baru saja kita tandatangani dengan BPJS Bukittinggi sudah masuk dalam anggaran untuk tahun 2023 mendatang. Tahun lalu sebenarnya kita sudah berlakukan berobat gratis, namun baru tahap di Puskesmas,” jelas Hamsuardi.