Wagub Sumbar Perkenalkan Eduwisata Madu Galo-Galo KUPS Lambah Sighabungan Bonjol

Eduwisata Madu Galo-Galo
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy perkenalkan Eduwisata Madu Galo-Galo KUPS Lambah Sighabungan di Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. (f/kominfotik)

PASAMAN, Mjnews.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy meresmikan secara simbolik lokasi Eduwisata Madu Galo-galo KUPS Lambah Sighabungan di Nagari Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman pada Selasa (6/12/2022).

Selain menjadi wisata alam, Wagub Audy berharap lokasi wisata ini bisa menjadi tempat belajar alam bagi.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Nanti apa yang dibutuhkan kita support sesuai dengan kemampuan provinsi dan sesuai dengan kemampuan kelompok untuk pengelola,” ujar Wagub Audy.

Wagub berharap, kesempatan yang ada bisa menjadi penggerak ekonomi lebih tinggi lagi. Uang yang didapatkan harus bisa menghasilkan sesuatu yang lain, sehingga perputaran uang bisa berkembang. Jadi, produk yang dihasilkan juga harus memiliki branding.

Baca Juga  Ketika Ummi Harneli Berikan Edukasi dan Promosi Keamanan Pangan di Padang Panjang

“Pengelolaan harus diolah dengan baik, sehingga bisa menjadi percontohan bagi kawan kita di Kabupaten lain,” sambung Wagub Audy.

Niniak mamak di Jorong Air Abu, Nagari Limo Koto, Dasril berharap akses jalan menuju lokasi wisata dapat segera mengalami perbaikan. 

“Untuk itu bapak dan ibu, disamping hari ini kita juga ingin ada penambahan koloni, karena kalau berbunga sepanjang tahun, nektar itu bisa diserap oleh galo-galo yang mungkin bisa kita kembangkan lagi di sekitar lokasi KPH yang kami sampaikan tadi,” ujar Dasril.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Serahkan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021 kepada Bundo Raudha Thaib

Koloni galo-galo yang ada di lokasi wisata ini setidaknya menghasilkan kurang lebih 12 liter madu perbulan. Setiap liternya dihargai Rp400.000,- dari hasil penjualan ini dimanfaatkan juga untuk pengembangan lokasi wisata.

Acara peresmian ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman, Kepala Dinas Perhutanan Provinsi Sumatera Barat, Camat Bonjol, dan Wali Nagari Limo Koto.

(MC Prov. Sumbar)