Berminat ke MAN Insan Cendekia? Cek Pendaftaran untuk 2023/2024 di Website

MAN Insan Cendikia di Nagari Sintuk Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman
Sekolah MAN IC Padang Pariaman, Sumatera Barat, terlihat suasananya asri dan menyejukkan. (f/dok)

Padang Pariaman, Mjnews.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia.

Humas MAN IC, Syahlul, S.Ag, M.Ag dalam percakapan dengan wartawan, Minggu (1/1/2023) mengatakan, pendirian MAN IC bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dikatakan, di Sumatera Barat satu-satunya yang ada hanya di Kabupaten Padang Pariaman tepatnya di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.

“Sebagai masyarakat Padang Pariaman, kita bersyukur adanya sekolah ini di sini. Berdirinya sekolah tidak terlepas dari perjuangan keras Pemda Padang Pariaman saat dipimpin Bupati Ali Mukhni,” ucap putra Kudu Ganting ini.

Baca Juga  Bonar Harahap Mantapkan Strategi di Pemilihan Ketua IJTI Sumbar

Dituturkan Syahlul, tamatan MAN IC menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik.

“Diharapkan MAN IC Padang Pariaman berfungsi sebagai magnet school yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya,” tukuk Syahlul lagi.

Tambahnya, sekolah MAN IC untuk Indonesia baru 24 lokasi. Untuk masuk sekolah MAN IC dan sekalian menjaga mutu Kementerian Agama menerapkan sistem Seleksi Nasional.

“Peserta Didik Baru MAN IC (SNPDB MAN IC) ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik,” jelasnya lagi.

Kepribadian dan kesehatan sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Baca Juga  Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kota Sawahlunto Dikukuhkan

Dijelaskan Syahlul, daya tampung MAN IC Padang Pariaman sebanyak 120 orang 60 putra dan 60 putri. Kuota pendaftar per madrasah (MTs/SMP) setiap sekolah MTs/SMP dapat merekomendasikan pederta didik terbaiknya untuk didaftarkan ke MAN IC.

Menurut Syahlul bagi peserta didik yang berminat mendaftar pada MAN IC untuk Tahun Ajaran 2023/2024 sudah bisa dilihat melalui website MAN IC Padang Pariaman.

“Peserta didik yang diterima betul-betul menguasai soal tes yang diberikan panitia dan jangan berharap bisa masuk di MAN IC melalui bekingan orang berkuasa,” tegas Syahlul mengakhiri.

(Tka)