Delapan Fraksi DPR Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Delapan Fraksi DPR Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup
Delapan Fraksi DPR Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup di Pemilu 2024. (f/dpr)

JAKARTA, Mjnews.id – Delapan Fraksi Partai Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI menyatakan sikap pernyataan menolak sistem Pemilu Proporsional tertutup di pemilu 2024.

“Kami dari Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Nasdem dan Fraksi Partai Kebangkitan Pangsa (PKB) Fraksi Partai Demokrasi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersama-sama menyatakan sikap,” kata Ahmad Doli Kurnia mewakili Fraksi Partai Golkar dalam konferensi pers di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu 11 Januari 2023.

Pernyataan Sikap ini langsung disampaikan Delapan Fraksi Partai dan akan terus mengawal pertumbuhan demokrasi Indonesia tetap ke arah yang lebih maju, meminta Mahkamah Konstitusi (MK) konsisten dengan Keputusan MK Nomor 22-24/PPU-IV/2008 tanggal 23 Desember 2008.

Dengan mempertahankan pasal 168 ayat 2 undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 sebagai wujud ikut menjaga kemajuan demokrasi Indonesia .

Selain itu ke delapan Fraksi tersebut meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bekerja sesuai undang-undang amanat undang-undang tetap independen tidak mewakili kepentingan siapapun kecuali kepentingan rakyat bangsa dan negara.

Baca Juga  Banyak BPD Kekurangan Modal, Waket DPD Minta LPI INA Suntik Tambahan Modal

“Demikian pernyataan pertama ini kami sampaikan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih,” pungkas Ahmad Doli Kurnia.

(eki)