Kisah Alumni Fakultas Dakwah BP 79 IAIN IB, Banyak yang Jadi Orang Penting

Rizki Desfandri persunting Yuni Maina
Putra Dasril M Nur, Rizki Desfandri persunting gadis pujaannya Yuni Maina pada 14-15 Desember 2022 lalu di Dharmasraya. (f/dok)

Dharmasraya, Mjnews.id – Dasril M. Nur (63) tahun, pada 1979, kami pernah bersama saat kuliah di Fakultas Dakwah di IAIN Imam Bonjol Padang. Dasril setelah tamat Sarjana Muda tidak melanjutkan ke jenjang S1, melainkan mencari kerja dengan melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Alhamdulillah, kata Dasril, dia berhasil diangkat menjadi guru Sekolah Dasar (SD) di Dharmasraya dengan ijazah PGAN yang dimiliki.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dituturkan Dasril, Selasa (3/1/2023) dalam bincang-bincang mengingat kisah kehidupan. Kata Dasril, selama bertugas menjadi guru, dia berusaha mengulang lagi kuliah dari awal sehingga sampai menamatkan S1 dengan titel S.Pd.

Walau pun sudah melanglang buana mengarungi kehidupan dan kini sudah pula punya anak dan menantu, namun kawan-kawan saat kuliah di Fakultas Dakwah masih juga teringat.

Laki-laki yang suka guyon ini menyebut beberapa orang teman akrab semasa kuliah tersebut yang dianggap sukses dalam karirnya. Seperti Abu Nawas, putra Pesisir Selatan saat kuliah suka melawak. Abu Nawas diangkat menjadi PNS di Kantor Kemenag Pesisir Selatan dan pindah ke Batusangkar mengikuti isterinya.

Baca Juga  Direksi Aqua Sepakat Selesaikan Masalah Tenaga Kerja dengan Pemkab Solok

Kemudian Mhd Syarfi Hutahuruk, orang Sibolga Sumatera Utara (Sumut). Setelah tamat S1 di Fakultas Dakwah Padang hengkang ke Jakarta dan sempat bekerja di Kementerian Penerangan menjadi staf Harmoko. Beberapa tahun menjadi PNS Syarfi mengaku mundur dari PNS dan bergabung dengan Partai Golkar dan sempat menjadi anggota DPR RI 2 periode. Setelah itu ikut menjadi Calon Walikota Sibolga. Nasib baik bagi Syarfi dapat pula 2 periode menjadi orang momor 1 di Sibolga.

Mhd Syarfi mempersunting gadis Solok, Delmaria yang jatuh cinta saat kuliah di Fakultas Dakwah Padang. Delmaria juga ikut ke Jakarta bersama suaminya. Sesampai di Jakarta Delmaria ikut tes PNS di Kementerian Agama RI, berkat bantuan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Akbar Tanjung, Delmaria juga diangkat menjadi pegawai Kemenag yang ditugaskan di Solok. Pada akhirnya setelah sekian tahun bolak-balik Padang Jakarta, perempuan berkulit hitam manis ini mengurus pindah tugas ke Jakarta.

Baca Juga  Peserta Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Minta Ada Server Khusus Terhubung ke Kementerian

Saat suaminya menjadi Wali Kota Silbolga, Delmaria mengurus pensiun muda dan ikut pula bergabung dengan Partai Nasdem. Nasib baik bagi Delmaria, dia mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Sumut, karena garis tangan sudah ada, berhasil pula duduk di kursi Parlemen Senayan sampai tahun 2024 ini.

Menurut Dasril, banyak teman-teman Fakultas Dakwah BP 79 itu yang berhasil menjadi orang penting di negeri ini.

Kata Dasril, anaknya yang tertua bernama Rizki Desfandri, S.Pd, sudah menikah dengan Yuni Maina, S.Pd pada 15 Desember 2022.

Alek kampung dilaksanakan 2 hari, 14-15 Desember 2022 itu dihadiri sekitar 1.500 orang undangan dari segala unsur mulai dari rakyat badarai sampai pejabat eselon di Kabupaten Dharmasraya.

“Saya mohon maaf kepada teman sejawat Fakultas Dakwah tidak sempat mengirimkan undangan. Di samping berjauhan, maklum badan surang. Iyo bana lupo ambo,” kato Dasril mengakhiri kisahnya.

(Tka)